Keren Banget BMW Motorrad Kembangkan Teknologi yang Bisa Baca Kondisi Jalan

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 13 Mei 2021 20:44 WIB
BMW Motorrad Indonesia meluncurkan BMW F 900 R. Motor ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 380 juta.
Ilustrasi BMW Motorrad Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

BMW sudah memperkenalkan Cruise Control yang bisa menahan kecepatan untuk bisa menambah kenyamanan saat berkendara. Kini BMW Motorrad kembali mematenkan teknologi traction control untuk mengurangi potensi kecelakaan.

Dikutip visordown, industri sepeda motor tahun ini terus membuktikan perkembangan pesat dengan banyaknya teknologi baru yang bermunculan. Teknologi yang ditawarkan pun semakin memudahkan pengendara untuk mempercayakan pada komputer.

Teknologi BMW Motorrad ini dikatakan akan mampu memprediksi kondisi di depan, setelah itu akan menyesuaikan cengkraman yang dibutuhkan untuk menghindari kecelakaan.

Untuk melakukan itu, BMW Motorrad akan menyelipkan kamera yang dikembangkan untuk mendapatkan kondisi jalanan secara penuh lalu memprediksinya. Informasi tersebut akan disalurkan ke dalam komputer sebagai otak-nya, sehingga untuk kemudia bisa diatur kontrol traksi, rem, dan mesin yang dibutuhkan sesuai kondisi jalan.

Traction Control BMW MotorradTraction Control BMW Motorrad Foto: Pool (visordown)

Langkah BMW Motorrad ini perlu diapresiasi karena memang ditujukan untuk menambah kenyamanan serta keselamatan saat berkendara. Meski demikian, besar kemungkinan tenaga akan berkurang karena jika sepeda motor menilai bahaya, secara otomatis tenaga mesin akan berkurang.

Namun hingga saat ini BMW Motorrad belum mengumumkan kapan akan memperkenalkan teknologi tersebut dan akan terselip pada model apa, meski demikian teknologi yang akan ditawarkan BMW Motorrad ini wajib ditunggu kehadirannya.



Simak Video "Dibanderol Rp 960 Jutaan, BMW R 18 First Edition Meluncur di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)