Motor Listrik Rp 17-an Juta Bikinan India Ini Ludes Terjual dalam Dua Jam

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 23 Jun 2021 16:39 WIB
Motor listrik India RV400
Motor listrik RV400 yang laris manis dijual seharga Rp 17-an juta (revoltmotors.com)
Jakarta -

Penjualan kendaraan listrik terus meningkat di sejumlah negara, salah satunya India. Buktinya, perusahaan roda dua bernama Revolt baru saja menjual motor listrik pertamanya, di mana baru dua jam dijual secara online langsung habis.

Revolt Motors yang merupakan produsen sepeda motor asal India menjual motor listrik pertamanya RV400. Di luar dugaan pihak Revolt, motor tersebut jadi incaran banyak konsumen dan langsung habis dalam sekejap.

Dikutip dari Electrek, penyebab motor RV400 laku keras di pasaran karena harganya yang cukup murah. Faktor ini disebabkan pemerintah India menerapkan subsidi bagi masyarakat yang membeli kendaraan listrik dengan potongan hampir 50 persen.

Subsidi tersebut membuat banderol sepeda motor listrik ini terjangkau yakni sebesar US$ 1.200 atau sekitar Rp 17,3 juta saja. Harga tersebut tak berbeda jauh dengan sejumlah motor konvensional berbahan bensin dengan kisaran harga Rp 14-17 jutaan di India.

Motor listrik RV400 pertama kali diperkenalkan pada akhir 2019. Namun karena ada sejumlah masalah produksi, Revolt terpaksa menunda penjualannya dan baru terwujud di tahun ini. Namun siapa sangka, masyarakat sangat antusias untuk membeli motor listrik Revolt RV400 hingga habis dalam waktu singkat.

Revolt Motor mengklaim jika mereka mendapatkan keuntungan hingga US$ 7 juta atau senilai Rp 100 miliar saat RV400 bertenaga listrik itu laku terjual dalam waktu dua jam saja. Hal ini wajar berkat harga yang murah dengan spesifikasi yang cukup mumpuni.

Revolt RV400 dibekali dengan baterai berkapasitas 3,24 kWh yang bisa dilepas dan mampu menghasilkan tenaga penggerak sebesar 3 kW. Kapasitas baterai ini ternyata membuat motor dapat meraih kecepatan maksimum hingga 85 km/jam dan menempuh hingga jarak sejauh 150 km dalam mode ECO, serta 80 km dalam mode Sport.

Punya desain seperti naked bike, motor ini mengusung ban 17 inci agar tampil gahar di jalan dan cocok melintasi berbagai permukaan jalan di India. RV400 memiliki jok yang bisa membawa penumpang di belakang, bobotnya juga cukup ringan dengan berat sebesar 108 kg saja. Sepeda motor ini jadi alternatif bagi warga India dan salah satu terobosan dari Revolt untuk mendukung program kendaraan listrik di Negara Bollywood.



Simak Video "Motor Listrik Rp 17 Jutaan Buatan India, Ludes Terjual Dalam Dua Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)