Katalis Spacebar Quatro-P, Skuter Listrik Besutan Anak Bangsa Dijual Rp 65 Juta

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 14 Jun 2021 16:28 WIB
Katalis merilis skuter listrik Spacebar Quatro-P
Skuter listrik Katalis Spacebar Quatro-P Foto: Imam Santoso/Katalis Company
Jakarta -

Katalis Company meluncurkan skuter listrik anyar, Spacebar Quatro-P. Produk ini merupakan apresiasi perusahaan kepada pembeli pertama Spacebar.

Chief Executive Officer Katalis, Gunanjar Barokah mengatakan Spacebar Quatro-P merupakan kolaborasi dengan Kamengski khusus konsumen pertama yang bernama Pradhana Harsa.

"Untuk Quatro-P sengaja kita develop khusus hanya untuk Pradhana Harsa selaku pembeli pertama kita. Ini kita lakukan sebagai bentuk komitmen katalis untuk selalu memberikan yang terbaik bagi konsumen," kata Gunanjar dalam rilis yang diterima detikcom, Senin (14/6/2021).

Spacebar Quatro-P punya desain yang unik, beda dengan skuter listrik pada umumnya. Dengan desain kotak dan bisa dilipat, Spacebar dibuat dari material rangka berbahan alumunium 6061.

Karena edisi spesial, ada beberapa grafis dan elemen visual guna mengingatkan memori karton robot medio 1980 hingga 1990-an.

Katalis merilis skuter listrik Spacebar Quatro-PKatalis merilis skuter listrik Spacebar Quatro-P Foto: Imam Santoso/Katalis Company

"Kartun ber-genre mecha anime pada masanya selalu ditampikan dengan dominasi warna merah, biru dan kuning. Kami menggunakan elemen warna dan grafis pada varian quatro-p ini terinspirasi dari robot-robot raksasa nan canggih tersebut bertujuan memberikan nostalgia kepada pengendara akan kenangan manis masa kanak-kanak yang menyenangkan," jelas Principal Designer Katalis, Julian Palapa.

Sementara body-nya terbilang compact dengan ukuran panjang 1420 mm x lebar 200 mm x tinggi 1100 mm dengan bobot 60 kg. Kaki-kakinya terbilang mungil, depan dan belakang sama-sama menggunakan ukuran 10 inch.

Bicara soal tenaga, Katalis Spacebar dibekali motor 1200 watt yang mampu mencapai kecepatan 50 km/jam. Sementara baterainya Lithium 48 volts dengan daya jelajahnya 60 kilometer.

Pradhana Harsha yang berprofesi sebagai arsitek ini mengetahui Katalis dari media internasional. Ia tak menyangka jika skuter listrik Katalis merupakan buatan anak Indonesia.

"Awalnya saya tidak menyangka spacebar itu adalah karya anak Indonesia, dikarenakan pertama mengenal katalis justru bersumber dari media internasional. Mengetahui skuter ini akan dijual secara komersil, saya langsung mendatangi katalis dan melakukan transaksi pada hari itu juga," kata Harsha.

Katalis merilis skuter listrik Spacebar Quatro-PKatalis merilis skuter listrik Spacebar Quatro-P Foto: Imam Santoso/Katalis Company

"Pembelian spacebar jujur karena tertarik dengan desainnya dan tentunya sebagai orang Indonesia saya sangat bangga dengan karya-karya mereka. Penawaran katalis untuk personalisasi unit spacebar merupakan nilai tambah dan sesuatu yang sangat spesial bagi saya dan keluarga," imbuh Harsha.

Katalis Company menjual spacebar dengan banderol harga Rp. 65 juta per-unit pada bulan januari 2021 dengan sistem pre-order.

Well, bakal ada gebrakan lagi dari Katalis Company. Pada tahun 2020 mereka meluncurkan Katalis EV.1000 Thearsenale special edition berkolaborasi dengan brand internasional, Thearsenale, kolaborasi ini membawa produk katalis menjadi " Top 10 Motor and Scoooter Designs in 2020" seperti yang dirilis oleh media desain kenamaan, Designboom.

"Tahun ini kita juga sedang menjalankan kolaborasi dengan beberapa brand dan akan kita umumkan segera dalam waktu dekat. Jadi, ditunggu saja tanggal mainnya, ya" tutur Gunanjar.



Simak Video "Laris Manis! Skuter Listrik Ola Terjual Dua Unit per Detik"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)