Skuter Listrik Piaggio One Dirilis, Ini Spesifikasinya

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 09 Jun 2021 17:35 WIB
Skuter listrik Piaggio One
Skuter listrik Piaggio One. Foto: Piaggio
Jakarta -

Skuter listrik Piaggio One resmi dirilis di pasar China, tepatnya di ajang Beijing Motor Show 2021. Skuter ini bakal diposisikan di bawah Vespa Elettrica dan menyasar kalangan muda. Baru-baru ini Piaggio pun mengumumkan detail spesifikasi dari motor listrik ramah lingkungan tersebut.

Seperti dikutip dari Carandbike, Piaggio One akan ditawarkan dalam tiga varian, yakni One, One+, dan One Active. Ketiga varian tersebut memiliki desain fitur, dan waktu pengisian baterai (6 jam) yang kurang lebih sama. Perbedaan besar ada di bagian baterai dan motor penggeraknya.

Skuter listrik Piaggio OneSkuter listrik Piaggio One Foto: Piaggio

Varian dasar alias One, mendapatkan baterai 48 volt 1,8 kWh bersama dengan motor listrik penggerak 1,2 kW, yang bisa menghasilkan kecepatan puncak 45 km/jam dan menghasilkan torsi 85 Nm. Spek ini mampu menjangkau jarak 55 km dengan sekali pengisian daya.

Selanjutnya varian One+, dibekali unit baterai lebih besar, yakni 2,3 kWh. Top speed yang bisa diraih juga lebih tinggi, mencapai 55 km/jam. Sementara untuk jangkauan tempuhnya mencapai 100 km dalam sekali pengisian daya.

Terakhir varian One Active, juga mendapatkan baterai 2,3 kWh bersama dengan motor 2 kW yang lebih besar, sehingga bisa menghasilkan torsi 95 Nm dan memiliki kecepatan tertinggi 60 km/jam. Model ini memiliki jangkauan maksimum 85 km dengan sekali pengisian daya.

Skuter listrik Piaggio OneSkuter listrik Piaggio One Foto: Piaggio

Bicara fitur, Piaggio One dibekali sistem pencahayaan full LED yang modern. Selain itu, motor ini dilengkapi panel instrumen digital dengan sensor, yang secara otomatis bisa mencerahkan atau meredupkan layar, sesuai kondisi sekitar.

Tak hanya itu, Piaggio juga mengklaim jika skuter listriknya bisa menjalani konektivitas smartphone melalui aplikasi khusus, dan akan memiliki fitur seperti pelacakan jarak jauh, diagnostik skuter, dan masih banyak lainnya.

Kabarnya Piaggio One mulai dipasarkan di Eropa sekitar bulan ini. Sayangnya, harga skuter ini belum dirilis. Menurut detikers? Kira-kira berapa harga yang pantas untuk motor listrik asal Italia ini?

Skuter listrik Piaggio OneSkuter listrik Piaggio One Foto: Piaggio
(lua/din)