Ini Satu-satunya Mesin 2 Tak yang Lolos Uji Emisi

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 16 Jun 2021 20:39 WIB
Langen Two Stroke Motorcycle
Mesin 2 Tak yang lolos uji emisi Foto: Doc. Langen Motorcycle
Jakarta -

Sebutan motor dua tak mati sepertinya saat ini tidaklah tepat. Karena sudah ada mesin 2 tak (2 Stroke) yang mendapat sertifikasi lulus uji emisi di Eropa. Bahkan bisa dipastikan ini menjadi satu-satunya mesin 2 tak yang lolos uji Emisi saat ini.

Sudah banyak negara di dunia yang memberi perhatian sangat besar pada kualitas udara, hal mana membuat kiprah motor 2 tak kian ditinggalkan. Motor 2 langkah, sebagaimana diketahui, kerap menghasilkan emisi tinggi yang memberi dampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan. Ini kemudian membuat banyak pabrikan otomotif mengubah strategi mereka dengan tidak lagi memproduksi motor 2 tak.

Namun hal itu tidak membuat Langen Motorcycles, sebuah produsen motor asal Inggris di bawah perusahaan Vins, ikut-ikutan meninggalkan motor 2 tak. Soalnya mereka malah melahirkan satu inovasi keren yang bisa menghidupkan kembali kejayaan motor 2 tak. Untuk kali pertama, Langen Two Stroke bisa mendapatkan serfifikasi lolos uji emisi di tengah ketatnya aturan Euro5.

Mesin yang disapa Langen Deucinquanta ini bisa dipastikan bisa melenggang di jalanan berkat sertifikasi Euro5. Bahkan mesin yang ditawarkan ini sama sekali tak bisa dianggap remeh. Disebutkan, mesin ini menawarkan spesifikasi layaknya MotoGP, baik dari segi design dan performa. Demikian dikutip dari Visordown.

Langen Two Stroke MotorcycleLangen Two Stroke Motorcycle Foto: Doc. Langen Motorcycle

Tapi bagaimana bisa Langen Motorcycles menciptakan mesin 2 tak yang ramah lingkungan dan kesehatan? Tentunya itu tak bisa dilakukan jika tanpa hitungan dan inovasi berarti. Langen Motorcycles melakukan perubahan pada sistem mesin miliknya.

Dikatakan untuk bisa menghasilkan emisi rendah, desain mesin 2 tak Langen Motorcycle diubah dengan fitur poros yang diputar berlawanan untuk menambah performa, selain itu sistem injeksi langsung juga diterapkan.

Dengan injeksi langsung injektor berada di kepala silinder dan menyemprotkan bahan bakar langsung ke ruang bakar bercampur dengan udara. Intake dikatakan hanya memasok udara ke ruang bakar dengan injeksi langsung. Sistem ini dinilai berhasil dan mampu meningkatkan efisiensi pembakaran, meningkatkan penghematan bahan bakar dan menurunkan emisi.

Langen Two Stroke MotorcycleLangen Two Stroke Motorcycle Foto: Doc. Langen Motorcycle

Langkah berani untuk mengubah sistem kerja mesin 2 tak ini dilakukan oleh mantan teknisi Ferrari, yang direkrut oleh Langen Motorcycles.

Spesifikasi Langen Motorcycles

- Mesin: Vins Two Stroke, 90 Derajat V-Twin ylinder, With Counter Rotating Crankshafts.
- Kapasitas: 249,5 CC
- Berat: 114 Kg
- Top Speed: 140 MPH (225 km/jam)
- Max Power: 75 BHP di 11.700 RPM
- Max Torque: 45 Nm di 11.700 RPM
- Bore x Stroke: 54 x54,5 mm
- Fuel Suplly: Electronic Injection
- Sasis: Alumunium Space Frame



Simak Video "Anti Amsyong, Cek 3 Bagian Ini Sebelum Beli Motor Bekas"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)