Yamaha MX King 155 VVA Limited Version Meluncur, Harga Rp 31 Jutaan

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 14 Jun 2021 08:12 WIB
Yamaha MX King 155 VVA Limited Version
Foto: Dok. Yamaha Vietnam. Yamaha MX King 155 VVA Limited Version.
Jakarta -

Yamaha Exciter 155 VVA alias Yamaha MX King 155 VVA diluncurkan di Vietnam pada akhir 2020 lalu. Setelah lima bulan berselang, Yamaha Vietnam kini memperkenalkan MX King 155 VVA Limited Version, dengan warna kuning yang menonjol.

Dikutip dari situs resmi Yamaha Vietnam, Yamaha MX King 155 VVA Limited Version diluncurkan untuk mengapresiasi konsumen loyal di sana. Dijelaskan pula bahwa penjualan MX King 155 VVA di Vietnam sangat banyak. Artinya, motor bebek super ini diterima dengan positif.

Yamaha MX King 155 VVA Limited Version mengusung warna kuning yang nyentrik, dikombinasi warna dan grafis abu-abu yang elegan. Selain itu, pada bagian jok juga terdapat motif jahitan dengan benang berwarna kuning. Soal harga, motor edisi terbatas ini dijual 50.490.000 VND atau Rp 31 jutaan.

Yamaha MX King 155 VVA Limited VersionYamaha MX King 155 VVA Limited Version Foto: Dok. Yamaha Vietnam

Di luar pembaruan warna, tak ada yang berbeda siginifikan dari Yamaha MX King 155 VVA Limited Version ini. Secara desain, motor ini masih mengusung desain headlamp agresif, dengan dukungan lampu LED DRL. Desain fascia di tebeng depan dan lampu rem mirip desain moge Yamaha YZF-R1, dan joknya pakai model bertingkat yang lebih sporty.

Urusan mesin, pakai spek SOHC, 4 katup, dengan pendingin cairan, berkapasitas 155 cc yang memiliki diameter dan langkah piston 58,0 mm × 58,7 mm. Mesin itu bisa menghasilkan tenaga maksimum 17,7 dk pada 9.500 rpm dan torsi puncak 14,4 Nm di 8.000 rpm.

Dari segi teknologi, Yamaha MX King 155 mendapatkan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang bisa menjaga performa mesin di setiap rentang rpm. Fitur katup variabel ini bekerja di rpm 7.400 atau lebih.

Yamaha MX King 155 VVA Limited VersionYamaha MX King 155 VVA Limited Version Foto: Dok. Yamaha Vietnam

Sebagai pelengkap, mesin MX King 155 VVA juga dibekali fitur Assist & Slipper Clutch. Sedikit info, fitur Assist merupakan teknologi yang bisa meringankan pengoperasian tuas kopling, sementara Slipper Clutch bertugas mencegah roda belakang mengunci saat dilakukan shift down (penurunan gigi) secara ekstrem.

Motor bebek super ini juga mengadopsi Teknologi Diamond-Like Carbon Coating (DLC) seperti di YZF-R1. Teknologi pelapisan DLC ini bisa membuat ring piston tahan lama dan ringan untuk akselerasi yang halus dan lebih bertenaga.

Aroma motor sport semakin kental di Yamaha MX King 155 VVA. Motor bebek ini sekarang sudah memiliki fitur sakelar penghenti mesin (engine cut off), yang berguna mematikan mesin dalam keadaan darurat tanpa harus menggunakan kunci kontak. Selain itu, di setang kiri juga sudah terdapat tombol lampu jauh (pass beam) yang biasanya hanya ada di motor bergenre sport.

Yamaha MX King 155 VVA Limited VersionYamaha MX King 155 VVA Limited Version Foto: Dok. Yamaha Vietnam

Yamaha MX King mendapatkan beberapa fitur kunci lainnya, seperti rem cakram 2 piston, panel instrumen full digital baru, soket pengisi daya 12V, hingga sistem kunci kontak keyless di varian tertingginya.

Bicara akomodasi, di bawah jok motor ini tidak ada ruang untuk menyimpan barang. Hanya ada tangki bahan bakar kapasitas 5,4 liter, yang diklaim bisa digunakan untuk menempuh jarak 265 km saat tangki terisi penuh.

Sayangnya, model terbaru Yamaha MX King dengan mesin 155 cc VVA ini belum dipasarkan di Indonesia. Yamaha Indonesia masih mempertahankan MX King model lama.

(lua/riar)