Bisa Buat Mobil, Yamaha Garap Motor Listrik 470 Daya Kuda

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 12 Apr 2021 16:07 WIB
Penggerak Motor Listrik Bikinan Yamaha
Foto: Dok. Yamaha. Penggerak Motor Listrik Bikinan Yamaha
Iwata -

Yamaha Motor Co telah mengembangkan penggerak motor listrik yang bisa memuntahkan tenaga besar. Penggerak motor listrik ini bisa digunakan untuk kendaraan listrik bertenaga tinggi, termasuk hypercar.

Dalam siaran pers yang diterima detikOto, Yamaha di Jepang menyebut bahwa penggerak motor listrik ini ditujukan untuk digunakan model hyper-EV. Motor listrik ini juga bisa digunakan di segmen mobilitas output tinggi.

Yamaha bakal mulai menerima pesanan untuk pengembangan prototipe mulai April 2021 ini.

Sejak tahun 2020, Yamaha Motor telah mengembangkan prototipe motor listrik (35-200 kW) untuk mobil dan aplikasi mobilitas lainnya. Yamaha juga baru mengembangkan unit dengan output maksimum di kelas 350 kW atau setara 470 daya kuda (tegangan 800V) yang dimaksudkan untuk digunakan hyper-EV dan aplikasi output tinggi lainnya.

Fitur utama dari motor listrik yang baru dikembangkan ini adalah konstruksi ringkas yang menggunakan komponen mekanis dan kelistrikan sebagai satu kesatuan, mengintegrasikan roda gigi dan inverter menjadi satu kesatuan. Motor listrik ini juga dikembangkan untuk bisa mengantisipasi pemasangan dan penggunaan beberapa unit penggerak pada satu kendaraan.

Untuk mengembangkan motor listrik ini, Yamaha akan memanfaatkan teknologi produksi dan pengetahuannya di bidang permesinan dan perakitan.

Yamaha Motor berencana untuk memamerkan penggerakk motor listrik 350 kW (470 daya kuda) dan prototipe motor listrik lainnya di Automotive Engineering Exposition 2021 Yokohama yang dijadwalkan pada 26 Mei hingga 28 Mei 2021.

Sebelumnya, Yamaha juga telah mengembangkan motor listrik berkinerja tinggi yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 200 kW atau setara 268 daya kuda. Motor listrik ini bisa digunakan di berbagai platform kendaraan, termasuk mobil. Motor listrik tersebut diklaim sangat canggih, sebab sudah dikembangkan selama bertahun-tahun, dengan teknologi pengecoran modern dan konduktor yang punya efisiensi tinggi.

Yamaha mengatakan bakal menyesuaikan prototipe motor listrik buatannya dengan kebutuhan para pelanggannya. Dan motor listrik ini ke depannya juga bisa digunakan sebagai jantung pacu sepeda motor listrik buatan pabrikan berlambang garpu tala itu.

Selain baterai dan power train, motor listrik menjadi salah satu komponen penting pada sistem kendaraan listrik. Komponen ini bisa mengubah energi listrik menjadi energi mekanik.



Simak Video "Resmi! 43 Kendaraan Listrik di Sulsel Beroperasi dengan Pelat"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)