Motor China Mirip Royal Enfield Himalayan, Lebih Murah Rp 75 Jutaan

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 26 Mar 2021 07:15 WIB
Motor mirip Royal Enfield Himalayan
Motor mirip Royal Enfield Himalayan Foto: newmotor.cn
Jakarta -

Motor petualang Royal Enfield Himalayan kini ada kembarannya dari China. Bentuknya mirip, tapi harganya lebih murah. Apa saja perbedaannya?

Dikutip dari Carandbike, Kamis (25/3/2021) motor ini diluncurkan sejak 16 Maret 2021 lalu, namanya Hanway (hanwei) G30 Motor ini punya ciri khas petualang klasik ala Royal Enfield.

Terlihat dari penggunaan lampu bulat ala motor petualang masa lampau. Lalu kemudian panel instrumen dibuat dengan bentuk bundar yang sudah mengusung digital. Oiya ada juga opsi menggunakan layar TFT instrumen dengan bentuk mengkotak.

Motor mirip Royal Enfield HimalayanMotor mirip Royal Enfield Himalayan pakai TFT Instrumen Foto: newmotor.cn

Bahasa desain lain yang mirip dengan Royal Enfield ialah desain tangki BBM yang tidak tajam, windscreen yang tinggi, dan bahkan membiarkan rangka terbuka. Sementara tinggi joknya sendiri sama dengan Royal Enfield Himalayan, yakni 800 mm.

Tapi berbeda dengan Royal Enfield Himalayan, Hanway G30 dimuat dengan peralatan dan dilengkapi dengan pengaturan pencahayaan full LED, serta port pengisian daya 2-ampere 5 volt.

Motor mirip Royal Enfield HimalayanMotor mirip Royal Enfield Himalayan Foto: newmotor.cn

Sementara di bagian sektor kaki-kaki. Motor ini bahkan sudah menggunakan suspensi depan upside-down, berbeda dengan Himalayan yang masih teleskopik berukuran 41 mm dengan travel 200 mm. Hanway G30 juga menggunakan pelek belang alias beda antara belakang dan depan, kembaran Royal Enfield ini menggunakan roda depan 19 inci dan roda belakang 17 inci.

Royal Enfield HimalayanRoyal Enfield Himalayan Foto: Ridwan Arifin/detikOto

Sebagai motor penjelajah, motor ini juga dibekali dengan kapasitas tangki yang lebih besar Sedangkan tangkinya mencapai 19 liter, lebih besar dari Royal Enfield Himalayan yang bisa memuat bensin hingga 15 liter.

Sama dengan Royal Enfield Himalayab, motor ini juga dibekali rak kecil untuk membawa perlengkapan. Pada bagian samping juga sudah dipasang tempat untuk memasang pannier atau tas samping.

Soal dapur pacu, motor petualang Royal Enfield Himalayan lebih unggul. Dijejali mesin 411 cc satu silinder 4-tak SOHC. Di atas kertas Di atas kertas Royal Enfield Himalayan mampu memuntahkan tenaga sebesar 24,5 bhp di 6500 rpm dan torsi maksimal 32 Nm di 4250 rpm. Tenaga tersebut dikawinkan dengan sistem manual lima percepatan.

Sedangkan Hanway dijejali mesin 250 cc satu silinder yang menghasilkan tenaga 26 bhp dan torsi puncak 22 Nm.

Berapa harganya? Royal Enfield Himalayan dijual Rp 114.300.000 (on the road Jakarta). Sedangkan Hanwey G30 di pasar China dilepas dengan angka mulai dari 17.280 Yuan atau sekitar Rp 39,3 jutaan (kurs 1 yuan = Rp 2.210)



Simak Video "Uji Royal Enfield Meteor 350: Gayanya Klasik, Mesin dan Fiturnya Asyik!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)