Pabrikan China Bikin Motor Bebek Adventure, Bentuknya Aneh Banget

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 09 Feb 2021 09:44 WIB
Lifan Cub-ADV 125
Lifan Cub-ADV 125. Foto: Mekanika
Jakarta -

Pabrikan sepeda motor asal China, Lifan, membuat sebuah produk yang menggabungkan motor bebek dengan gaya adventure. Niatnya sudah bagus, ingin membuat jenis motor yang berbeda dari pabrikan manapun. Tapi jujur, motor bebek adventure Lifan ini bentuknya aneh banget.

Di China saat ini tampaknya sedang ngetren-ngetrennya motor bergaya petualang. Jika sebelumnya diperkenalkan Dayang ADV150 yang merupakan tiruan Honda ADV 150, kali ini giliran Lifan Motorcycle yang merilis motor bebek bergaya petualang dengan nama Lifan Cub-ADV 125.

Dari segi desain, bagian depan motor ini mengadopsi bentuk paruh. Desain seperti ini biasanya ada di di moge-moge adventure seperti Kawasaki Versys 1000 maupun Ducati Multistrada Adventure. Lifan Cub-ADV 125 menggunakan sepasang lampu berbentuk bulat dan pelindung angin (windshield).

Lifan Cub-ADV 125Lifan Cub-ADV 125 Foto: Mekanika

Untuk meningkatkan kesan off-road, sistem suspensi depan menggunakan pelindung di bagian as nya. Tak hanya itu, motor bebek petualang ini juga pakai ban dual purpose yang dilengkapi rem cakram di depan dan belakang.

Soal jantung pacu, Lifan Cub-ADV 125 dibekali mesin satu silinder berkapasitas 119,7 cc, dengan sistem pendingin udara, Mesin ini mampu menghasilkan power maksimal sekitar 8 dk pada 7.500 rpm dan torsi maksimum 8.5 Nm pada 5.000 rpm. Tenaga itu disalurkan dengan transmisi semi otomatis.

Lifan Cub-ADV 125Lifan Cub-ADV 125 Foto: Mekanika

Dengan performa seperti itu, Lifan mengklaim bahwa motor bebek adventure-nya memiliki mesin paling bertenaga, stabil, dan konsumsi bahan bakar yang efisien. Lifan Cub-ADV 125 memiliki kapasitas tangki 3,7 liter.

Bicara fitur juga tak kalah modern, motor ini dibekali sistem lampu LED di depan dan belakang, serta panel instrumen LCD. Soal bobot, Lifan Cub-ADV 125 hanya memiliki berat 105 kg, dengan tinggi jok 780 mm.



Simak Video "Enggano, Pulau Sepi Dengan Jalan Berlumpur, Motor Bebek Menjadi Andalan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)