Honda Mau Bikin Motor yang Bisa Dikendalikan Pakai Pikiran

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 10 Des 2020 15:58 WIB
Dokumen paten calon motor baru Honda
Dokumen paten calon motor baru Honda. Foto: Visordown
Jakarta -

Honda dikabarkan sedang menyiapkan produk motor baru yang bisa dikendalikan lewat pikiran pengendaranya. Hal itu terungkap dari bocoran dokumen paten yang beredar baru-baru ini.

Teknologi motor terus berkembang secara cepat. Motor yang bisa berdiri dan berjalan sendiri (self balancing) punya Honda atau motor yang bisa dikendarai menggunakan robot seperti kepunyaan Yamaha, adalah beberapa konsep teknologi motor yang diperkenalkan belum lama ini.

Dokumen paten calon motor baru HondaDokumen paten calon motor baru Honda, dengan teknologi mind control. Foto: Visordown

Di masa depan, teknologi motor bakal lebih canggih, bahkan bisa dikendalikan langsung oleh pikiran pengendaranya. Seperti dikutip dari laman Visordown, teknologi ini memungkinkan sepeda motor menerima perintah langsung dari pikiran pengendara dengan sinyal dari otak (mind control).

Teknologi yang dikembangkan Honda ini akan menggunakan perangkat helm pengendara, yang sudah dilengkapi seperangkat sensor saraf. Sensor ini bisa menangkap pesan dari otak pengendara untuk kemudian diteruskan ke sistem komputer on-board.

Dokumen paten calon motor baru HondaDokumen paten calon motor baru Honda, dengan teknologi mind control. Foto: Visordown

Disebutkan jika sepeda motor dengan teknologi mind control itu bisa menjalankan perintah berkendara ekstrem dari otak seperti wheelie (mengangkat ban depan), stoppie (berhenti dengan ban belakang terangkat), burnout (ban belakang berputar di tempat), bahkan hingga drift.

Jika dipikir secara logika, teknologi tersebut memang tampak cukup kompleks dan rumit. Apakah benar, teknologi elektronik dan sensor canggih bisa melakukan hal ekstrem itu semua secara akurat dan aman dalam hitungan detik? Mari kita nantikan kelanjutan kabar pengembangan teknologi tersebut.



Simak Video "Desain Baru Honda HR-V Sudah Didaftarkan di Indonesia, Bentar Lagi Rilis?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)