Rabu, 11 Nov 2020 11:22 WIB

Dibanderol Rp 34 Jutaan, Motor Listrik Yamaha Ini Bakal Dijual di RI?

Ridwan Arifin - detikOto
PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) menggelar konferensi pers “Market Trial” sepeda motor listrik Yamaha di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu 1 November 2017. Acara ini diadakan dalam rangka memperkenalkan sekaligus uji coba motor listrik Yamaha. Skuter listrik Yamaha E-Vino Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Yamaha sudah meluncurkan motor listrik E-Vino di Jepang. Harganya dibanderol 259.600 Yen atau sekitar Rp 34,5 jutaan, berdasarkan nilai tukar rupiah hari ini.

E-Vino punya bobot yang ringan, hanya 68 kilogram. Kapasitas baterainya 50 V lithium-ion battery. Motor listrik ini mampu menjangkau jarak sejauh 29 kilometer. Jarak tempuh ini bisa sampai 58 kilometer dengan baterai cadangan. Sudah resmi dirilis di Jepang, apakah motor ini juga akan diboyong ke Indonesia?

Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro mengatakan bahwa pihaknya belum memiliki rencana untuk menghadirkan motor listrik di Indonesia.

"Sebenarnya kalau melihat blueprint-nya pemerintah ke depan arahnya akan seperti itu (kendaraan listrik). Tetapi Yamaha kalau lihat sekarang belum ada niat untuk mengeluarkan kendaraan listrik, bukan tidak punya ya, di Jepang sudah ada, di Taiwan sudah ada," ungkap Anton sela-sela test rider All New Aerox 155 Connected di Sentul, Bogor, Selasa (10/11).

Skuter listrik Yamaha, E-Vino, sudah diperkenalkan di Indonesia sejak November 2017 lalu. Itu artinya di tahun 2020 ini E-Vino sudah menginjak tahun ketiga usianya di Indonesia. Namun sejauh ini masih sebatas studi internal.

PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) menggelar konferensi pers Skuter listrik Yamaha yang diperkenalkan di Indonesia Foto: Agung Pambudhy

Yamaha melakukan studi E-Vino dengan terlebih dahulu menyerahkan unit tes ke empat institusi rekanannya, yakni Universitas Pelita Harapan (UPH), Kebun Raya Bogor, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, dan The Breeze BSD.

Yamaha e-Vino mulai dipasarkan.Yamaha e-Vino mulai dipasarkan di Jepang Foto: Yamaha

"Kita pernah lakukan uji coba, observasi, dan pengambilan data secara internal."

"Cuma untuk saat ini masih banyak yang harus dipertimbangkan bukan hanya sekedar mengluarkan saja yang lain juga harus diperhatikan, regulasi, infrastruktur, kemudian investasi, itu kan banyak faktor," sambung Anton.

"Untuk saat ini kita belum ada rencana (menjual motor listrik)," jelasnya.



Simak Video "Motor Listrik Mengaspal di Kota Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com