Rabu, 26 Agu 2020 06:34 WIB

Jangan Salah Lagi, KTM Austria Nggak Ada Hubungannya Sama KTM 'Inul'

Luthfi Anshori - detikOto
Merek APP KTM yang diiklankan oleh artis dangdut Inul Daratista Merek APP KTM yang diiklankan oleh Inul Daratista. (Istimewa)
Jakarta -

Pamor KTM sedang menanjak seiring prestasi mereka di awal musim MotoGP 2020. Merek motor asal Austria ini pun patut bangga, sebab nama mereka kini lebih sering dibicarakan ketimbang pabrikan Jepang seperti Yamaha maupun Honda.

Di Indonesia, nama KTM pun kini mulai sering dibicarakan di forum-forum media sosial. Tapi masalahnya, ada beberapa netizen yang menganggap bahwa KTM adalah merek motor lokal, yang pernah tenar dengan brand ambassador-nya, Inul Daratista.

Padahal KTM Austria tidak ada hubungannya sama sekali dengan motor KTM yang dilambungkan namanya oleh Inul Daratista, lewat slogan "Kate siape? KTM dong ah!.

KTM meluncurkan motor trail baru di IIMS Motobike Expo 2019Produk motor trail KTM Austria Foto: Rifkianto Nugroho

Sebagai informasi, merek KTM 'Inul' memiliki nama lengkap Asia Putra Perkasa-Kingtown Tian Ma alias APPKTM. Agen Tunggal merk APPKTM di Indonesia adalah PT Asean Motor International.

Merek ini sempat memproduksi beberapa varian motor bebek dan motor sport fairing di awal tahun 2000-an. Namun saat ini hanya fokus pada kendaraan komersial, sepeda motor roda tiga.

Sementara untuk KTM Austria didirikan pada 1934 oleh seorang insinyur Austria bernama Johann (Hans) Trunkenpolz. KTM sendiri merupakan kepanjangan dari Kraftfahrzeug Trunkenpolz Mattighofen. Saat ini saham KTM dimiliki oleh Pierer Mobility AG dan Bajaj Auto India. Merek KTM Austria terkenal dengan produk motor enduro dan motor cross-nya.

Jadi sudah tahu kan bedanya antara KTM Austria dengan APP KTM yang dipopulerkan artis dangdut, Inul Daratista? Jangan sampai salah lagi ya.

Sales and Marketing Division PT Penta Laju Jaya Motor (PJLM) selaku Agen Pemegang Merek KTM, Dalie Akhmad Zafitra Dalie, juga menegaskan jika KTM Austria dan APP KTM adalah dua merek yang berbeda.

"APP KTM sudah tidak ada lagi. Tidak bisnis sepeda motor lagi, tinggal cargo saja," kata Dalie, kepada detikOto, Selasa (25/8/2020). Dalie juga berkata jika APP KTM tidak bisa membawa brand 'KTM' lagi dalam promosinya.

"Brand mereka sudah tidak bisa pake lagi KTM, karena ada patent brand-nya, mereka harus pake APP-KTM," jelasnya.



Simak Video "Penampilan Motor Asal Eropa yang Pertama Kali Dirakit di Gresik"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com