Jangan 'Baper' Ah, di Kuningan Jawa Barat Moge Parkir Bareng Honda BeAT

Bima Bagaskara - detikOto
Sabtu, 22 Agu 2020 09:48 WIB
Sejumlah pengendara Moge melintas di Flyover Pancoran, Jakarta, Minggu (31/05/2020). Mereka berkonvoi jelang penerapan new normal.
Ilustrasi motor besar (moge) tengah melintas di jalan protokol Jakarta (Rengga Sancaya/detikcom)
Kuningan -

Belakangan ini jagat media sosial sedang ramai memperbincangkan soal parkir khusus bagi motor gede 'moge' di tempat umum, seperti mal dan hotel.

Hal itu berawal dari adanya pengendara motor sport yang diusir oleh petugas keamanan karena kedapatan parkir di tempat khusus moge yang videonya viral di Instagram beberapa waktu lalu. Tapi pengguna moge jangan baper juga ya, karena di Kuningan, Jawa Barat, pengguna moge tidak mendapat perlakuan parkir khusus. Artinya, moge diparkir di tempat parkir motor biasa bersama motor jenis lainnya, seperti Honda BeAt.

Menanggapi hal itu, Widi Parizta, salah seorang pengguna moge di Kabupaten Kuningan, mengaku persoalan parkir khusus bagi motor dengan kapasitas mesin di atas 400 cc itu bukanlah hal yang perlu dibesar-besarkan.

Menurutnya, soal parkir khusus itu merupakan kebijakan masing-masing pengelola tempat, baik itu mal, hotel, maupun rumah makan.

Pengguna Ninja ZX-25R diusir dari parkiran moge di lobby mallPengguna Ninja ZX-25R diusir dari parkiran moge di lobi mal. (Foto: Screenshot Instagram @hujatbaper)

"Karena kalau parkir khusus itu yang kebijakan masing-masing tempat. Kita sebagai pengguna moge tidak pernah meminta," kata Widi saat ditemui di rumahnya di Desa Sukamulya, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jumat (21/8/2020).

Widi juga menceritakan, selama 15 tahun menggunakan moge, dirinya tidak pernah mempermasalahkan soal parkir saat datang ke tempat-tempat umum.

"Mau parkir di mana saja ya nggak ada masalah, mau di parkiran motor, parkiran mobil, kita ikut saja gimana tempatnya. Kalaupun harus parkir di pinggir jalan juga tidak apa-apa," lanjutnya menceritakan.

Di Kabupaten Kuningan, kata Widi, tidak ada tempat umum yang menyediakan parkir khusus moge. Secara pribadi, Widi, yang memiliki moge Honda Sabre 750 cc, juga menegaskan tidak pernah membedakan moge dengan motor lainnya.

"Moge dengan motor lainnya sama saja, sama-sama membayar pajak. Bedanya cuma di cc dan bentuknya yang lebih besar," pungkasnya.



Simak Video "Viral Konvoi Moge di Tangsel Terobos Lampu Merah dan Dikawal"
[Gambas:Video 20detik]
(mud/lth)