Kamis, 20 Agu 2020 11:14 WIB

Kenapa Motor 'Sultan' Dapat Parkir Khusus di Lobi Mal?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Motor-motor berharga fantastis juga mejeng di IIMS Motobike 2019, salah satunya dari BMW. Moge-moge tersebut berharga ratusan hingga miliaran rupiah. Moge biasanya mendapat tempat parkir khusus di dekat lobi mal. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Di beberapa pusat perbelanjaan, terdapat parkir khusus motor gede (moge). Biasanya, parkir moge terdapat di dekat lobi mal, sementara parkir motor lainnya ada di basement atau di lokasi terpisah.

Parkir khusus moge itu biasanya tak sepenuh parkir motor di basement atau tempat parkir motor umum. Kenapa parkir moge suka dibedakan di mal?

Ketua Indonesia Parking Association (IPA), Rio Octaviano, mengatakan terkait parkir spesial seperti parkir moge itu adalah kebijakan dari masing-masing manajemen properti seperti mal. Tak ada aturan atau ketentuan khusus yang mewajibkan mal menyediakan parkir khusus moge.

"Terkait dengan parkir spesial, termasuk ladies parking, parkir sepeda, dan parkir moge. Parkir moge, parking ladies parking, itu sebetulnya tidak ada di dalam aturan (peraturan perparkiran). Karena di dalam aturan hanya dikenakan tarif mobil dan motor, tidak disebutkan untuk moge, atau mobil supercar atau apa nggak," kata Rio kepada detikcom.

Rio mengatakan, memang parkir khusus moge itu mengundang pertanyaan kenapa moge dapat tempat khusus di dekat lobi mal. Menurut Rio, itu adalah strategi brand image dari properti itu sendiri.

"Mungkin dalam salah satu strateginya untuk menarik klien/pengunjung. Kenapa moge dispesialkan? Ini sih sebenarnya balik lagi ke karakter sebagian besar pengguna moge. Bukan tentang dia harus bayar, Bukan tentang dia nggak mau bayar, tapi biasanya bagaimana dia mendapatkan pride. Akhirnya sama properti, either itu mal, office building, akhirnya disediakanlah parkir khusus," ujar Rio.

"Jadi parkir moge ini sebetulnya disediakan oleh properti yang notabene untuk strategi pemasaran bagaimana memaksimalkan/mendatangkan pengunjung semaksimal mungkin," sambungnya.

Menurut Rio, dengan adanya parkir moge di dekat lobi mal, itu juga terlihat lebih baik dari segi estetika.

"Kan bisa dibayangkan juga kalau dilihat dari estetika, mungkin aja si mal ini melihat kalau moge ini ditaruh di depan kan bisa jadi display, biar keren, yang datang memang orang-orang berada dan lain sebagainya," sebutnya.

"Itu supaya orang bisa datang, karena biasanya yang datang komunitas. Dan bisa menaikkan level, lebih ke arah brand image," ujar Rio.



Simak Video "Kreasi Unik Jepara, Moge dari Kayu"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com