Jumat, 31 Jul 2020 18:45 WIB

Bukan Harley-Davidson, Ini 'Hampir-Davidson' Bermesin 125 cc

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Harley-Davidson bermesin 125 cc Harley-Davidson bermesin 125 cc. Foto: Cartoq
Kerala -

Terkenal dengan tampilan gahar dan mesin besar, Harley-Davidson bisa jadi merupakan salah satu motor impian banyak orang. Namun, harganya yang mahal membuat tak semua orang bisa menjangkaunya. Untuk itu, tak sedikit pula yang melakukan modifikasi motor kecil hingga memiliki tampilan mirip Harley-Davidson.

Di India, proyek modifikasi motor kecil jadi Harley-Davidson itu dilakukan oleh Rakesh Babu dari Kerala. Dia mengubah tampilan motor bermesin 125 cc hingga mirip cruiser ala Harley-Davidson.

Ia memulainya dengan Yamaha Enticer bekas, sebuah motor Yamaha bermesin 125 cc yang dijual di pasar India. Rakesh Babu membeli motor itu untuk dirombak.

Untuk memulai proyek itu, Rakesh membangun kembali mesin. Dia kemudian memulai pekerjaan transformasi. Sasis motor ini harus sedikit diubah. Dia kemudian membuat tangki bahan bakar dengan melihat gambar-gambar Harley-Davidson karena dia tidak memiliki Harley Davidson untuk mendapatkan referensi. Bagian lain seperti mudguard juga dibuat di bengkelnya.

Yang berbeda tentunya adalah mesinnya yang secara kasat akan terlihat langsung. Harley-Davidson biasanya mengusung mesin V-Twin, sementara Enticer pakai mesin satu silinder. Untuk mendapatkan tampilan layaknya Harley-Davidson, ia membuat penutup mesin V-Twin untuk mesin satu silinder. Penutupnya tampak seperti mesin betulan.

Lampu utamanya ia manfaatkan dari foglamp mobil. Sementara lampu belakang dibikin custom sendiri di bengkelnya. Dia juga memperbesar ban agar tampilan motor lebih terlihat seperti Harley.

Tidak disebutkan berapa biaya yang dibutuhkan dan waktu pembuatannya. Rakesh mengatakan motor 'Hampir-Davidson' itu telah dijual ke pelanggannya.



Simak Video "Viral Konvoi Moge di Tangsel Terobos Lampu Merah dan Dikawal"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com