Selasa, 21 Jul 2020 12:14 WIB

Selera Otomotif Ketua MA Syarifuddin, dari Ninja hingga Harley-Davidson

Tim detikcom - detikOto
Syarifuddin Ketua MA Syarifuddin Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta -

Ketua Mahkamah Agung Syarifuddin tengah menjadi sorotan, lantaran ia kedapatan foto bersama dengan pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking.

Melihat sisi otomotif dari Ketua MA Syarifuddin, ternyata punya ketertarikan dengan motor gede (moge) lho.

Hal ini diketahui melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara yang dimuat di situs KPK, yang disampaikan pada 10 Maret 2020 saat ia menjabat sebagai Wakil Ketua MA Bidang Yudisial.

Ketua MA Syarifuddin tercatat memiliki total harta kekayaan sebesar Rp 4.661.930.156 (Rp 4,6 miliar lebih). Untuk alat transportasi dan mesin nilainya Rp 987.150.000 (Rp 987 juta).

Oke, dari Rp 987,1 juta, Ketua MA Syarifuddin memiliki dua sepeda motor dan dua unit mobil.

Syarifuddin rajin melaporkan harta kekayaannya. Sebab koleksi kendaraannya bertambah dibandingkan harta laporan dari Desember 2018.

Mobil yang bertahan dalam daftar kendaraan ialah Low SUV Daihatsu Terios lansiran tahun 2008 yang ditaksir Rp 152 juta. Sementara, ia tercatat memiliki mobil baru di segmen Multi Purpose Vehicles, yakni Toyota Innova Venturer tahun 2019 yang ditaksir Rp 378.150.000 (Rp 378,1 juta).

Untuk sepeda motor, satu model yang masih bertahan dari laporan, ialah motor sport Kawasaki Ninja tahun 2015 yang ditaksir Rp 57 juta. Sedangkan Harley-Davidson XL 1200 jadi motor yang baru terdaftar di harta kekayaan, nilainya ditaksir Rp 400 juta.

Belakangan, foto bersama dengan Anita Kolopaking menjadi ramai dibahas di lini masa karena Djoko Tjandra bisa melenggang di Indonesia padahal statusnya terpidana korupsi yang buron. Apa penjelasan MA?

"Foto Pak Ketua MA dan Ibu Anita Kolopaking beserta suaminya itu berfoto di rumah kediaman beliau pada saat Hari Raya Lebaran Idul Fitri beberapa bulan lalu," kata jubir MA hakim agung Andi Samsan Nganro kepada detikcom, Kamis (16/7/2020).

Rumah yang dimaksud adalah rumah dinas Wakil Ketua MA. Sebab, Syarifuddin belum pindah rumah ke rumah dinas Ketua MA karena belum lama dilantik.

"Saat itu, karena tamu-tamu lain yang hadir minta Pak Ketua untuk berfoto, maka Ibu Anita dan suaminya juga nimbrung berfoto dengan Ketua MA dan istri," ujar Andi Samsan Nganro.



Simak Video "Maju Cawalkot, Berapa Harta Gibran-Bobby dan Lawan-lawannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com