Kamis, 23 Jul 2020 20:17 WIB

Wujud Skutik Baru Yamaha, Sporty Tapi Masih Tetap Bisa Angkut Galon

Luthfi Anshori - detikOto
Yamaha Cygnus Gryphus 2021 Yamaha Cygnus Gryphus 2021. (Foto: Yamaha)
Jakarta -

Yamaha memperkenalkan model skutik baru Cygnus Gryphus model 2021 di Taiwan. Skutik bermesin 125 cc ini hadir dengan desain sporty, apalagi ada pilihan livery khas tim Monster Energy Yamaha MotoGP. Kendati demikian, Yamaha Cygnus Gryphus tetap bisa diandalkan untuk akomodasi sehari-hari berkat desain dek yang rata. Motor ini masih bisa mengangkut galon atau tabung gas.

Pembaruan paling besar di Yamaha Cygnus Gryphus ada di bagian mesinnya. Mesin Cygnus kini menggendong jantung pacu 125 cc, blue core, yang dilengkapi dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation), seperti digunakan pada Nmax, Aerox, dan Lexi.

Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimum 12 PS pada 8.000 rpm dan torsi puncak 11.2 Nm pada 6.000 rpm. Dengan hadirnya teknologi VVA, mesin ini akan bekerja optimal di seluruh rentang putaran mesin. Soal efisiensi bahan bakar, Yamaha mengklaim Cygnus Gryphus 2021 bisa mencatatkan konsumsi BBM hingga 48,9 km/liter.

Yamaha Cygnus Gryphus 2021Yamaha Cygnus Gryphus 2021 Foto: Yamaha

Berbicara desain eksterior, Cygnus memiliki tampang agresif berkat lampu depan LED ganda, sekilas mirip dengan Aerox 155. Bodi sampingnya pun serba tajam, dengan desain lampu rem berbentuk 'X'. Panel instrumen Yamaha Cygnus Gryphus mengadopsi full digital, dengan backlight berwarna bir.

Untuk meningkatkan stabilitas, Yamaha telah menggunakan desain kerangka asimetris. Suspensi depan pakai model teleskopik dan sokbreker belakang ganda. Sistem pengeremannya cakram berdiameter 245 mm tunggal di depan dan 230 mm di belakang. Disematkan juga sistem ABS (Anti-lock Braking System) dual channel dan UBS (mirip seperti teknologi CBS).

Varian ABS dual channel Yamaha Cygnus Gryphus 2021 memiliki 5 pilihan warna meliputi Light Grey/Dark Grey, Dark Blue/Dark Grey, White/Dark Grey, Matte Dark Grey, dan Grey/Dark Grey.

Sedang varian UBS dapat 3 pilihan warna, White/Dark Grey, Matte Dark Grey, dan Grey/Dark Grey. Yamaha juga memberi opsi warna livery Monster Energy untuk para penggemar MotoGP. Sayangnya, Yamaha belum mengumumkan harga resmi skutik ini.

Yamaha Cygnus Gryphus 2021Yamaha Cygnus Gryphus 2021 Foto: Yamaha


Simak Video "Duel Motor Kotor 150cc, Yamaha WR 155 Vs Honda CRF 150"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com