Jumat, 19 Jun 2020 17:12 WIB

Motor Listrik Ini Pakai Ban Cuma Satu, Bisa Ngebut 112 Km/Jam

Ridwan Arifin - detikOto
EV360, monowheel listrik EV360 Foto: Electrek
Durham -

Motor listrik dan konvensional biasanya punya dua ban untuk mengigit jalan, tapi kali ini dirancang hanya menggunakan satu ban. EV360 sebuah -motor listrik monowheel- dirancang untuk memecahkan rekor dunia sebagai monowheel tercepat di dunia.

Dikutip dari Electrek, Jumat (19/6/2020) anggota tim terdiri dari Anuj Thakkar, Carlo Lindner, Ahmed Fouad, dan Fran Romano, semuanya adalah mahasiswa dari Duke University.

Secara spesifikasi EV360 ini dibangun dengan motor berkekuatan puncak 23 kW (31 hp), motor listrik satu ban ini dirancang untuk mencapai kecepatan tertinggi 70 mph (112 km/jam).

EV360, monowheel listrikEV360, monowheel listrik Foto: Electrek



Motor listrik monowheel ini dibangun untuk kecepatan, bukan untuk jarak, dan dengan demikian menggunakan baterai polimer lithium 72V 22Ah yang agak kecil dengan kapasitas 1,58 kWh. Jadi pengendara hanya bisa mencapai jarak 14,4 kilometer di kecepatan 32 km/jam.

Kepala tim sekaligus rider penguji Anuj Thakkar mengatakan untuk mencetak rekor dunia, monowheel ini perlu dikembangkan lagi. Sebab rekor Guinness sebelumnya untuk kecepatan pada monowheel ditetapkan oleh yang bertenaga gas pada 72,9 mph (117 km/jam).

Selama pengujian, Thakkar mengalami sekitar 15 kali crash sebab ia mengatakan bahwa EV360 sangat tidak stabil. Tentu saja, monowheel saat ini belum begitu dilirik di kehidupan nyata.

"Kami memulai proyek monowheel sebagai cara untuk menerapkan keterampilan yang kami peroleh di kelas ke masalah baru dan menantang, dan untuk membangun pengalaman praktis kami," ujar Carlo Lindner.



Simak Video "Pakai Motor Listrik, PLN Aceh Inspeksi Aset"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com