Jumat, 21 Feb 2020 08:12 WIB

Suka Touring Naik Motor? Ini Tips Biar Enggak Gampang Lelah

Angga Laraspati - detikOto
Naik motor Tips jaga kondisi badan sebelum touring motor (Shutterstock)
Jakarta -

Kegiatan touring memang mengasyikkan. Selain bisa memacu adrenalin, kegiatan ini juga bisa menambah kebersamaan jika dilakukan dengan rombongan kawan-kawan. Meski demikian, perjalanan jauh yang ditempuh dapat mengakibatkan kelelahan dan mengantuk.

Badan yang lelah setelah melakukan touring itu sama saja dengan melakukan kegiatan fisik yang menguras tenaga dan juga energi. Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi mengatakan latihan fisik yang lama menyebabkan menurunnya kemampuan tubuh untuk untuk menghasilkan tenaga/energi yang disebabkan oleh kelelahan otot dan kelelahan saraf-saraf pendukungnya.

dr Helmin menambahkan ada baiknya pada setiap touring yang dilakukan untuk melakukan istirahat agar stamina dapat kembali prima, apalagi setelah melakukan touring dengan jarak yang jauh.

"Usahakan ada waktu untuk istirahat sejenak di sela-sela touring untuk kembali merelaksasi otot-otot dan saraf-saraf yang sudah terpakai sekian lama," tutur dr Helmin baru-baru ini.

dr Helmin pun menjelaskan cara untuk menjaga stamina selama touring, salah satunya dengan mempersiapkan touring dengan sebaik-baiknya untuk mengantisipasi kelelahan.

"Persiapan sebelum touring berperan penting dalam mengantisipasi kelelahan selama dan sesudah touring, yang dapat dilakukan adalah istirahat yang cukup, pola hidup sehat terutama dalam hal makanan menu seimbang, dan olahraga teratur untuk melatih tubuh dalam kondisi kelelahan sekalipun," jelasnya.

Selain itu, menjaga pola makan yang baik juga dapat membantu tubuh dalam melakukan touring. Hal ini juga penting agar kegiatan touring tidak terganggu dengan fisik yang kurang sehat dan tidak fit.

"Anjuran pola makan seimbang, dan jika perlu konsumsi suplemen yang membantu penyediaan energi melalui metabolisme yang baik, dan menjaga ketahanan otot dan saraf selama latihan dan pemulihan otot dan saraf sesudah latihan," ungkap dr Helmin.

Adapun untuk menambahkan stamina dan juga konsentrasi selama touring, bisa mengonsumsi Fatigon Spirit sebelum melakukan touring. Fatigon Spirit mengandung Nano Ginseng Extract untuk stamina tubuh dan L-Carnitine untuk menghasilkan energi. Selain itu setelah beraktivitas, dapat mengonsumsi Fatigon Multivitamin dan Mineral yang mengandung vitamin B untuk pemulihan energi dan kalium serta magnesium aspartat untuk menguraikan asam laktat penyebab pegal dan otot kaku.

Suka Touring Naik Motor? Ini Tips Biar Enggak Gampang Lelah
(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com