Jumat, 29 Nov 2019 19:48 WIB

PNS Polres Brebes Ciptakan Ambulance Motor untuk Terobos Jalur Macet

Imam Suripto - detikOto
Foto: Imam Suripto/detikcom Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Seorang dokter PNS Polres Brebes, Jawa Tengah, memiliki inovasi dalam menangani korban kecelakaan di jalur macet seperti jalur pantura. Dia merancang sejumlah armada motor yang berfungsi memberikan pertolongan di daerah yang sulit dijangkau armada mobil, yaitu ambulance motor.

PNS Polres Brebes ini adalah dr Nani Yulia, wanita kelahiran 19 Februari 1969. Saat ini dr Nani menjabat sebagai Paur Kesehatan Polres Brebes.



Ambulance motor tersebut merupakan terobosan inovatif dari bidang Dokkes Polres Brebes dan yang pertama di jajaran Polri. Bahkan, terobosan membuat ambulans motor tersebut telah mendapat pengakuan dan penghargaan dari Mabes Polri pada April 2019 lalu.

Awal mula muncul ide membuat ambulans motor ini dilatarbelakangi keprihatinan saat arus mudik 2016 lalu. Dimana eksit tol Breksit terjadi macet yang luar biasa.

Banyak kendaraan pemudik yang terjebak macet selama berhari hari tanpa perbekalan, bbm, makanan, minuman dan obat obatan yang cukup. Atas kondisi tersebut, hanya sepeda motor yang dapat menjangkau dan mengirim bantuan saat itu.

Mbulance MotorMbulance Motor Foto: Imam Suripto/detikcom


"Dari situ mulai berpikir untuk membuat ambulans motor agar bisa menerobos kemacetan saat kondisi darurat," ujar Nani saat ditemui Jumat (29/11/2019) siang.

Ambulance pada umumnya berupa mobil yang digunakan untuk proses penyelamatan dalam kondisi darurat. Namun di Brebes ini, kata Nani, sepeda motor juga bisa diubah menjadi ambulans yang digunakan proses penyelamatan khusus daerah yang medannya sulit dan tak dapat dijangkau dengan mobil.



Ambulance motor ini dilengkapi bbat obat sederhana, dan peralatan P3K. Juga tersedia alat pelindung diri, alat bantuan hidup dasar seperti oksigen dan lainnya.

"Terutama bila terjadi kemacetan parah di jalan raya dan ada yang membutuhkan pertolongan darurat. Kalau dalam kondisi macet ambulans mobil mungkin susah menjangkau tapi dengan sepeda motor akan mudah diterobos," terang dia.

Ambulance motorAmbulance motor Foto: Imam Suripto/detikcom


Selain untuk menjalankan berbagai tugas dan fungsi bidang Dokkes Polres Brebes, juga dapat digunakan untuk mengirim bantuan dan pertolongan saat terjadi bencana alam. Terutama di daerah yang sulit dijangkau kendaraan roda empat.

Inovasi ambulance motor ini, diharapkan Nani bisa ditiru dan diimplementasikan oleh seluruh fasilitas kesehatan (Faskes) kepolisian di Indonesia. Tidak lain tujuannya untuk mempermudah anggota dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat di manapun tempatnya.

Saat ini, sudah ada 6 unit ambulans motor yang siap diterjunkan dalam situasi darurat. Awalnya, ungkap Nani hanya memiliki 3 unit motor hasil pinjaman Satlantas Polres Brebes.

Simak Video "Pemkot Bandung Luncurkan BEAS, Permudah Warga Cari Ambulans"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com