Kamis, 11 Apr 2019 07:35 WIB

Honda Patenkan Motor Berbahan Bakar Hidrogen

Luthfi Anshori - detikOto
Honda PCX. Honda baru menjual motor dengan tenaga listrik seperti PCX. Foto: Pradita Utama Honda PCX. Honda baru menjual motor dengan tenaga listrik seperti PCX. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Pada tahun 2017 silam, Honda bersama Toyota dan Nissan dikabarkan bekerja sama membuat teknologi bahan bakar alternatif. Namun berita tersebut akhirnya tenggelam dan tidak ada kejelasannya hingga kini.

Tanpa melanjutkan kerja sama tersebut, kabar terbaru menyebutkan jika Honda berencana membuat sebuah motor dengan bahan bakar hidrogen. Seperti bocoran sketsa paten yang diberitakan rideapart, menunjukkan jika kendaraan ini dilengkapi tangki hidrogen yang diletakkan di bawah jok.

Paten baru ini diterbitkan pada 9 April lalu. Paten tersebut menjelaskan bagaimana saluran udara didesain terletak di depan mesin dan diletakkan di balik fairing.



Masih belum diketahui pasti bagaimana mesin ini akan bekerja nantinya. Apakah hidrogen mampu menjadi sumber energi alternatif bagi kendaraan roda dua atau justru sebaliknya.

Di sisi lain, status hidrogen sebenarnya sama seperti bahan bakar biasa. Motor kita juga perlu berhenti, untuk mengisi hidrogen seperti bahan bakar cair dan bahan bakar gas. Namun dibanding energi listrik, hidrogen sebagai energi ramah lingkungan bisa diisi ulang lebih cepat.



Sebelum motor hidrogen ini benar-benar diproduksi massal, juga perlu dipikirkan tentang infrastrukturnya seperti stasiun pengisian hidrogen. Dan kabarnya, bahan bakar hidrogen juga memiliki risiko tinggi dibanding teknologi kendaraan listrik yang bisa mengandalkan baterai.


(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed