Rabu, 12 Des 2018 16:54 WIB

Tidak Lolos Euro4, Motor Terkencang Suzuki Tidak Diproduksi Lagi

M Luthfi Andika - detikOto
Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - Salah satu produsen asal Jepang Suzuki, dikabarkan tidak akan lagi memproduksi salah satu motor besar andalan mereka Hayabusa. Waduh, apa yang menjadi alasannya nih.



Dikutip autoblog, Rabu (12/12/2018), Suzuk GSX1300RR Hayabusa dikatakan tidak akan lagi diproduksi. Kabar ini cukup mengejutkan, karena Hayabusa memang salah satu ikon yang telah memulai produksinya sejak 1999 dan melahirkan dua generasi.

Namun kini kenyataannya motor besar Suzuki ini terbentur aturan emisi standar Euro 4. Motor besar Suzuki ini pun dikatakan tidak lolos uji emisi di Amerika Serikat, sehingga dipastikan Hayabusa tidak lagi diproduksi. Dan untuk stok terakhir Hayabusa akan dijual pada 2019.

Memang belum ada keterangan resmi dari Suzuki di Amerika Serikat. Namun jika boleh melihat sepak terjang, Suzuki Hayabusa selama ini, motor ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena motor ini memang menawarkan ketangguhan.


Suzuki saat meluncurkan pertama kali Hayabusa sekitar 3-4 tahun laluSuzuki saat meluncurkan pertama kali Hayabusa sekitar 3-4 tahun lalu Foto: Grandyos Zafna




Suzuki Hayabusa generasi pertama diklaim mampu menyemburkan 194 mph atau 312 km/jam. Namun saat itu, untuk bisa masuk regulasi di Jepang dan Eropa, Suzuki sepakat untuk memberikan limiter dengan hanya mampu berlari 300 km/jam. Namun angka itu sudah menjadikan Hayabusa menjadi motor legenda pada 1999.

Suzuki Hayabusa generasi kedua diperkenalkan pada 2008, sebelumnya menggendong mesin 1.299cc diubah dengan menggendong mesin 1.340cc. Mesin ini mampu menyemburkan 186 mph atau setara dengan 299 km/jam. Untuk bisa berlari 0-62 km/jam motor ini hanya butuh waktu 2,5 detik.

Ototest Suzuki Hayabusa

[Gambas:Video 20detik]

(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com