Rabu, 28 Nov 2018 07:41 WIB

Belum Ada ABS Motor Cc Kecil Honda Punya CBS, Apa Itu?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Bicara teknologi Anti-lock Braking System (ABS) dulu hanya dipakai di motor - motor besar, namun sekarang fitur ini juga bisa dijumpai di motor - motor dengan kapasitas mesin kecil.

Di motor kecil seperti Yamaha Freego tipe S misalnya, sudah dibenamkan teknologi ABS. Meski terlihat penting, teknologi ABS dianggap belum terlalu dibutuhkan untuk motor berkapasitas mesin di bawah 150 cc.


"Yang berhubungan dengan safety pasti penting, tapi kalau motor tanpa ABS masih safety, bisa jadi pertimbangan. Karena teknologi kan menyesuaikan dengan kebutuhan. Di Honda sebenarnya juga sudah ada fitur CBS yang bisa mengurangi percepatan, sehingga saat mengerem tidak langsung mengunci," ujar General Product Management and Support Astra Honda Motor Ferry Firman kepada detikOto di Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (25/11/2018).

Bagi yang belum tahu, CBS atau Combi Brake System adalah sistem pengereman yang memadukan rem depan dan rem belakang secara bersamaan.

Jadi pengendara hanya perlu menekan tuas rem tangan sebelah kiri, maka rem depan dan rem belakang berfungsi secara bersamaan.


Dengan adanya teknologi ini, pengendara diklaim dapat melakukan pergereman dengan jarak yang lebih pendek, dengan bobot pengereman yang seimbang antara rem depan dan rem belakang.

Di Honda sendiri beberapa varian skutik sudah punya fitur CBS, misalnya Honda BeAT, Vario CW 110 FI, dan Vario Techno 125. (lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com