Selasa, 27 Nov 2018 08:27 WIB

Harga Tembus Rp 76 Juta, Honda Mau Lokalkan Forza Biar Murah?

Luthfi Anshori - detikOto
Honda Forza saat pertama kali diluncurkan. Foto: Ari Saputra Honda Forza saat pertama kali diluncurkan. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Dibanding skutik bongsor 250 cc lain seperti Yamaha XMAX yang punya harga Rp 57 jutaan, Honda Forza punya banderol yang bisa dibilang relatif mahal. Seperti yang diungkap PT Astra Honda Motor (AHM) pada gelaran IMOS 2018 lalu, Forza 250 dibanderol sekitar Rp 76,5 juta OTR Jakarta.

Hal ini sebenarnya wajar mengingat Forza 250 masih diimpor secara utuh (CBU) dari Thailand. Sementara XMAX 250 bisa lebih murah dari Forza karena sudah diproduksi secara lokal oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di plant Pulogadung.


Melihat sang rival sudah diproduksi secara lokal apakah AHM juga tertarik memproduksi Honda Forza secara mandiri?

"Saya tidak bisa jawab detail. Tapi kami terus melakukan studi (terkait hal itu). Kami coba perhatikan semuanya. Pokoknya pasar matik ini pasar yang cukup menarik untuk dipelajari. Karena kontribusinya besar, 80 persen," ujar General Product Management and Support Astra Honda Motor Ferry Firman
kepada detikOto di Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebagai informasi, Honda Forza 250 mengusung desain khas motor Eropa. Mesinnya berperforma tinggi di kelasnya, dengan konfigurasi 250 cc SOHC liquid cooled PGM FI, yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 23,2 daya kuda pada 7.500 rpm.

Kenyamanan berkendara pada Forza hadir dengan disematkannya ban tubeless ukuran 120/70 dengan ring 15 M/C untuk ban depan dan 140/70 dengan ring 14 M/C untuk ban belakang.


Sementara itu, pada bagian pengereman, skutik besar ini dilengkapi cakram depan dan belakang yang menggunakan sistem ABS 2 Channel. Fitur unggulan lain di Honda Forza 250 adalah Honda Selectable Torque Control (HSTC).

Menurut Honda, Forza sudah dipesan oleh sekitar 900 konsumen. Dan akan mulai proses distribusi di bulan November ini. (lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed