ADVERTISEMENT
Senin, 05 Nov 2018 18:12 WIB

Sebelum Dipakai Sunmori, Lampu Motor Jokowi Sudah Dites dan Nyala

Luthfi Anshori - detikOto
Lampu motor Jokowi terlihat mati saat sunmori ke Pasar Anyar. Foto: Ray Jordan Lampu motor Jokowi terlihat mati saat sunmori ke Pasar Anyar. Foto: Ray Jordan
Jakarta - Pada Minggu pagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kegiatan Sunday Morning Ride (Sunmori) ke Pasar Anyar Tangerang, bersama sejumlah pejabat pemerintahan. Jokowi menggunakan motor Kawasaki W175 yang sudah dimoodifikasi oleh bengkel Katros Garage, Bintaro, Tangerang.

Sayang, motor yang ditunggangi Jokowi lampu depan atau lampu utamanya tampak mati.

Padahal sesuai Undang-undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 107 ayat dua, pengemudi wajib menyalakan lampu utama pada siang hari. Lalu, mengapa lampu depan motor Jokowi tidak menyala?


Dijelaskan Andi Akbar alias Atenx, motor Jokowi sebelumnya sudah dites dan dilakukan scrutineering.

"Semalam (sebelum motor digunakan) sudah dites dan scrut, (harusnya) aman," tutur Atenx, melalui pesan singkat kepada detikOto, Minggu (4/11/2018).

Bagi yang belum tahu, scrut atau scrutineering adalah semacam proses pemeriksaan yang terkait dengan fungsi perangkat keamanan berkendara. Misalnya seperti spion, plat nomor, termasuk lampu-lampu.


"Jadi kalau hari ini (4/11/2018) nggak nyala, mungkin lupa dinyalain. Saya juga kurang jelas karena nggak ada di lokasi saat acara berlangsung," terang Atenx.

Atenx pun meminta bersabar untuk mengetahui lebih jelas alasan mengapa lampu motor Jokowi mati pada kegiatan Sunmori tersebut.

"Nanti kalau sudah ada info dari orang lapangan yang ikut ke acara tadi pagi, saya kabarin ya," pungkas Atenx. (lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com