Kamis, 01 Nov 2018 14:22 WIB

Diminta Ekspor 600 Ribu Motor, AISI: Bisa Dicapai Tahun Depan

Rizki Pratama - detikOto
Menperin melihat-lihat motor di booth Honda IMOS 2018. Foto: Agung Pambudhy Menperin melihat-lihat motor di booth Honda IMOS 2018. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Untuk meningkatkan devisa ekspor negara diperlukan strategi khusus. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto berharap ekspor sepeda motor bisa meningkat. Bahkan, Airlangga menantang Asosiasi Industri Sepeda Motor (AISI) untuk bisa mengekspor 10 persen dari total produksi sepeda motor di Indonesia.

Jika AISI menetapkan target penjualan domestik tahun ini sekitar 6 juta unit, maka ekspor 10 persennya yang diminta Airlangga sekitar 600 ribu unit. AISI menyebut target itu baru bisa dicapai tahun depan.

"Tadi Pak Menteri minta 10 persen, saya kira tahun depan itu bisa kita capai. Kalau tahun ini 10 persen masih kurang," ujar Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Johannes Loman saat ditemui detikOto pada Indonesia Motor Show (IMOS) 2018 di Jakarta Convention Centre (JCC).



Untuk mendorong ekspor tersebut Loman berpendapat hal tersebut bisa dicapai bila produk mampu bersaing dengan model yang bisa diterima di luar negeri. "Untuk mendorong ekspor ke anggota AISI saya pikir yang pertama competitiveness dari produknya kemudian model harus bisa diterima di luar," ungkap Loman.

Dalam ekspor sepeda motor Loman mengatakan memahami tren suatu negara sangatlah penting agar bisa diterima dengan baik. "Prinsipnya kita punya tren di sini. Pabrik motor tidak hanya di Indonesia tapi di negara lain juga ada. Jadi bagaimana pengaturannya supaya baik dan kompetitif," tambahnya.



Untuk ekspor Loman mengatakan skutik buatan Indonesia diterima dengan baik di Filipina. "Di Filipina skuter kita laku di sana karena mirip dan selera sama," ungkap Loman.

Tahun ini ekspor sepeda motor Indonesia hingga September 2018 mencapai angka 438.530 unit. Sedangkan distribusi domestik tahun 2018 sampai Desember ditargetkan mampu menyentuh 6,3 juta unit. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com