Senin, 15 Okt 2018 18:36 WIB

AISI: Skutik Akan Terus Dominasi Penjualan Motor Nasional

Luthfi Anshori - detikOto
Penjualan motor skutik. Foto: Aris Ginanjar Penjualan motor skutik. Foto: Aris Ginanjar
Jakarta - Penjualan sepeda motor saat ini didominasi oleh skuter matik (skutik). Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) menyebut skutik akan terus mendominasi penjualan motor nasional.

"Prediksinya begitu. Tahun ini masih akan dipegang skutik. Tahun depan juga," ucap Ketua Umum AISI Johannes Loman, ditemui detikOto di sela-sela Press Conference IMOS 2018, di Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (15/10/2018).



Merujuk data penjualan AISI, selama periode Januari-Juli 2018, motor skutik terjual lebih dari 3 juta unit, tepatnya sekitar 3.024.895 unit.

Sementara secara keseluruhan, penjualan sepeda motor total semua segmen sejak Januari-Juli 2018 tercatat sebanyak 3.596.502. Artinya, skutik menguasai 84,1 persen pangsa pasar motor di Indonesia.



Motor skutik sendiri disukai konsumen Indonesia karena berbagai keunggulan yang ditawarkan. Misalnya kemudahannya saat dikendarai dan kemampuan akomodasinya yang banyak dibanding motor jenis bebek maupun sport.

Apalagi di perkotaan. Skutik cenderung lebih praktis dikendarai ketimbang motor bebek maupun sport yang perlu oper gigi. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed