Selasa, 02 Okt 2018 12:46 WIB

Royal Enfield Sempat Pertimbangkan Mesin 600 cc Dua Silinder

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Royal Enfield Twins. Foto: Rangga Rahadiansyah
Santa Cruz, California - Royal Enfield kini sudah mulai menjajakan motor dua silinder modern pertamanya setelah sekian lama tidak ada. Amerika Serikat menjadi negara pertama yang mendapatkan motor dua silinder Royal Enfield dalam bentuk Royal Enfield Interceptor 650 Twin dan Royal Enfield Continental GT 650 Twin.

Kedua motor itu menggendong mesin 650 cc dua silinder segaris. Royal Enfield merasa mesin berkapasitas 650 cc sudah pas, tidak kekecilan juga tidak terlalu besar.



CEO Royal Enfield, Siddharta Lal, mengatakan pihaknya menawarkan motor yang tidak terlalu besar untuk konsumen yang ingin naik kelas dari motor kecil. Apalagi, di negara-negara berkembang motor kecil banyak beredar.

"Kami pikir pasar negara berkembang seperti Indonesia, Thailand, ASEAN, India, Amerika Latin, banyak orang yang pakai motor kecil. Banyak yang pakai motor 100-200-250 cc. Kami hanya ingin memiliki motor yang lebih besar daripada itu untuk upgrade yang rasanya seperti motor besar, tapi kami ingin yang mudah diakses," kata Sid saat ditemui di Santa Cruz, California, Amerika Serikat.



Menurutnya, motor 800 cc sudah jarang yang mudah menjangkaunya. Harganya lebih mahal dan tenaganya juga lebih besar.

"Sebelumnya kami studi mesin 600 cc. Tapi kami tidak percaya diri bisa sampai 100 mil per jam atau 160 km/jam. Jadi kami menaikkan kapasitasnya sampai 650 cc dan topspeed sekitar 170 km/jam," kata Sid.




Tonton juga 'Uji Ketangguhan Royal Enfield Himalayan di Jalan Offroad':

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com