Rabu, 26 Sep 2018 20:35 WIB

Biaya Servis Motor Karburator vs Motor Injeksi

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi injeksi dan karburator Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Servis motor bermesin injeksi kini tak hanya bisa dilakukan di bengkel resmi. Beberapa bengkel umum pun sudah banyak yang membuka layanan servis injeksi.

"Iya, di sini kami juga terima layanan servis injeksi," kata Muhammad Misbah, mekanik Bike Corner, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, saat berbincang dengan detikOto.



Di Bike Corner, biaya servis motor karburator dengan motor injeksi berbeda. "Untuk motor matik karburator biayanya sekitar Rp 60 ribu. Untuk matik injeksi (110cc-125cc) biayanya sekitar Rp 85 ribu sekali servis," ujar Misbah.

Di bengkel lain, biaya servis motor karburator juga lebih murah daripada motor injeksi. "Kalau di sini, dari matik sampai bebek karbu biaya servisnya Rp 30 ribu, sedangkan motor injeksi Rp 68 ribu," terang Adi, dari Jawa Bintara Motor, Bekasi, kepada detikOto.



Selain berbeda dari segi biaya, servis motor karbu dan injeksi pun dibedakan dari segi perawatan dan interval servis.

"Kalau di motor injeksi kan tinggal membersihkan saringan udara dan membersihkan lubang injektor pakai cairan carbon cleaner. Di motor karburator harus bongkar karbunya, cek pilot jet, main jet, dan pelampung bensinnya," terang Misbah.

Selain itu menurut Misbah, durasi servis motor injeksi pun lebih lama dibanding motor karburator.

"Misalnya jika servis injektor itu dilakukan setiap 10.000 km sekali, maka untuk servis karburator waktunya lebih cepat, 5.000 km sekali," pungkas Misbah. (lth/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com