Rabu, 19 Sep 2018 15:49 WIB

Masa Iya, Motor Trail 2 Tak Lebih Beringas?

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi Motor Trail Foto: Edzan Raharjo Ilustrasi Motor Trail Foto: Edzan Raharjo
Jakarta - Keberadaan motor trail 2 stroke alias 2 tak nyatanya masih mendapatkan hati di kalangan penggila adventure. Padahal sudah lahir berbagai motor trail dengan 4 stroke atau 4 tak dengan teknologi terbaru.



Tentu beragam alasan diungkapkan oleh pecintanya untuk tidak menggeser ke lain hati. Seperti yang diungkapkan Tony, pemilik bengkel Indrajaya Motor di Jalan Raya Bogor Km 34.

"Kalau orang awam pakai motor 2 tak pasti kesulitan, karena butuh teknik khusus untuk mengendalikan, power 2 tak lebih gede, apalagi buat tarikan di awal," ungkap Tony.

Meski begitu Tony juga mengungkapkan motor trail 2 stroke juga menyimpan kesulitan sehingga tidak cocok untuk pemula. "karena kan motor trail 2 tak kalau ngisi bahan bakar harus ada takaran oli samping dan harus pas, kalau nggak pas mesin bisa over heat," ungkap Tony.



Senada dengan Tony, pecinta motor 2 stroke lainnya, Ade yang juga pemilik bengkel AMS di Jl. Siliwangi, Depok, Jawa Barat mengungkapkan bahwa selain power yang besar, bobot motor trail 2 Stroke dianggap lebih ringan sehingga tidak membuat rider cepat lelah saat menerabas medan off road.

"Buat yang awam pasti bakal kaget pakai yang 2 tak, tapi keunggulannya selain power itu bobotnya ringan, kalau lagi terabas nggak mudah capek," ucap Ade, pria yang hampir berumur setengah abad ini.

Memang hingga saat ini motor trail 2 stroke juga masih diproduksi oleh beberapa pabrikan, sebut saja KTM, Husky, Beta, Sherco, dan pabrikan asal Jepang Yamaha. Tentu dengan melihat kondisi seperti ini, kehadiran motor trail 2 stroke di Indonesia akan tetap langgeng. Setuju tidak Otolovers? (lth/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed