Rabu, 23 Agu 2017 10:12 WIB

Cerita Seru Selebriti Lintasi Lautan Pasir Bromo Pakai Motor

Ruly Kurniawan - detikOto
Selebriti Indonesia taklukkan Bromo pakai motor di touring Simpati Motorbaik (Foto: Ruly Kurniawan)
Probolinggo - Pada acara puncak di hari kedua, Baikers simPATI Motorbaik 2017 harus melintasi lautan pasir di Bromo menggunakan tungangannya sebelum sampai di tempat istirahat. Meskipun terdiri dari berbagai merek dan tipe motor seperti Moto Guzzi, Triumph, Royal Enfield, Harley-Davidson, BMW, Kawasaki, hingga Vespa serta kemampuan berkendara yang berbeda pula, para Baikers menerima tantangan tersebut dengan semangat menggebu.

"Ini baru tantangan. Yang sebelumnya gue ngantuk di jalanan, pas sampai sini langsung melek maksimal. Berangkat!" papar Imam Darto sesaat sebelum memasuki pasir berbisik Bromo.

Setelah selesai mengambil beberapa gambar, diiringi oleh komunitas Vespa Malang dan Vespa Jahat, mereka berjalan beriringan dan komunikatif melintasi pasir berbisik Bromo. Tak sedikit pula yang mengalami masalah mulai dari motor nyangkut hingga hampir terjatuh.

"Jatuh sih nggak, jangan sampai deh. Nyangkut aja nih," papar Ganindra Bimo ketika beristirahat di tengah-tengah lautan pasir Bromo.

Setelah hari semakin gelap, barisan rombongan tersebut sudah mulai terpecah karena satu per satu motor tumbang. Seperti yang dialami oleh salah satu Baikers, Den Dimas.

"Nggak tahu nih motor gue kenapa, nggak bisa digas. Susah sih emang kalau motor yang segalanya digital, sulit dicek," ucapnya.

Hal tersebut juga ternyata tidak hanya dialami oleh Dimas, salah seorang pengendara wanita di rombongan tersebut, Poppy Sovia, mengalami masalah yang serupa. "Nggak tahu tuh nggak bisa nyala. Kemasukan pasir mungkin ya, atau ngambek dia? Nggak ngerti juga gue, soalnya udah gelap nih," ujarnya.

Memang, berjalan di lautan pasir Bromo tidak pernah mudah terlebih saat menggunakan motor besar di kondisi yang gelap gulita. "Udah gelap juga sih ya jadi sulit milih gundukan pasirnya yang enggak dalam. Jadi tumbang deh," ujar Dimas.

"Saat sebelum masuk lautan pasir sih masih oke ya, cuma main handbrake dan engine brake aja. Sedikit berbatu dan berbelok tajam masih nggak masalah. Setelah masuk sini (pasir berbisik), permainan berubah," tambah Den Dimas.

Meskipun beberapa motor telah tumbang dalam perjalanan tersebut, semua menikmati pengalaman baru mereka menaklukkan lautan pasir Bromo. "Asik dan seru banget. Pengalaman menarik nih buat gue walaupun tangan pegal sih," ujar Kevin Julio ketika sampai di garis finish hari kedua turing simPATI Motorbaik 2017.

"Kesulitan sih pasti ada, tapi seru banget dan juga terima kasih buat komunitas Vespa Malang yang ikut ngebantuin kita. Selain itu perjalanan tadi sekaligus rintangannya benar-benar buat kita tambah solid, buat kita tidak menyerah," tutup Baikers lainnya, Dimas Anggara. (rgr/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com