Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 16 Mei 2017, 12:34 WIB

Merokok Saat Naik Motor Juga Bikin Buyar Konsentrasi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Merokok Saat Naik Motor Juga Bikin Buyar Konsentrasi Foto: Rangga Rahardiansyah
Jakarta - Ketika ada orang yang merokok sambil mengendarai sepeda motor, mungkin Otolovers merasa jengkel. Sebab hal itu membahayakan pemotor yang merokok itu sendiri maupun orang lain.

Baru-baru ini ada kasus pemotor yang matanya terkena bara api dari perokok yang sedang naik motor di depannya. Jusri Pulubuhu, Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menegaskan, selain membahayakan orang lain akibat bara apinya itu, merokok sambil naik motor juga bikin konsentrasi buyar.

"Yang paling penting bagi pengendara motor, ketika naik motor itu adalah full time job, pekerjaan utamanya dia. Jadi ketika naik motor itu harus fokus naik motor, bukan merokok, bukan dengerin musik dan lain-lain. Karena naik motor adalah aktivitas yang paling bahaya dan aktivtas multitasking yang paling banyak. Di saat yang sama matanya memperhatikan seribu macam objek dan otaknya juga harus memilah-milah dalam waktu yang sama mana yang harus diprioritaskan, dan di saat yang sama juga anggota tubuhnya, semua melakukan pekerjaan," jelas Jusri saat berbincang dengan detikOto melalui sambungan telepon, Selasa (16/5/2017).

Jadi, Jusri menegaskan, ketika naik motor harus fokus, jangan melakukan hal-hal lain, termasuk merokok. "Kalau ada sesuatu yang merusak konsentrasi tadi itu tidak dibenarkan," katanya.

"Jadi kalau sudah tahu risikonya, jangan coba-coba. Kalau coba-coba yang melanggar itu ya stupid. Orang udah dikasih tahu risikonya kok," sindir Jusri.

Dia melanjutkan, kecelakaan itu bukan hanya soal apes dan keselamatan itu bukan soal keberuntungan. Menurutnya, ada yang harus diantisipasi untuk menghindari kecelakaan.

"Kalau merokok, itu berarti dia memperbesar peluang kecelakaan pada dirinya. Karena kurang konsentasi. Kurang konsentrasi karena kemungkinan kena abu rokoknya," ucap Jusri. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed