Ogah Standar! Awkarin Modifikasi Vespa Langkanya Sampai Rp 30 Jutaan

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 21 Mar 2022 12:41 WIB
Jakarta -

Vespa Primavera Sean Wotherspoon sejatinya adalah Vespa edisi terbatas yang dibuat khusus oleh seniman Sean Wotherspoon. Motor ini hadir dengan aura yang cerah serta sangat 'berwarna'. Lantas apa jadinya jika skutik dimodifikasi?

Rasanya selebgram, Karin 'Awkarin' Novilda yang bisa menjawabnya. Ia mempercayakan modifikasi Vespa langka miliknya ini ke Scooter VIP. Tak tanggung-tanggung, Awkarin dan Scooter VIP menyulap Vespa tampil lebih 'sporty' karena mengejar konsep racing look.

"Vespa Primavera Sean Wotherspoon ini sebenarnya nggak diapa-apain juga udah ikonik. Karena kan dia warna-warni, udah colorful, kan?" buka Dennil Sagita pemilik dari Scooter VIP kepada detikOto.

"(Awkarin) Dia pengen ada sesuatu yang beda saat riding, lah. Biar jadi point of view," lanjutnya.

Vespa Primavera Sean Wotherspoon AwkarinVespa Primavera Sean Wotherspoon Awkarin Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Di area kaki-kaki, Scooter VIP tak mengganti pelek Vespa Primavera Sean Wotherspoon milik Awkarin. Mereka mengganti bagian detailnya, yakni dop dan juga baut peleknya. Selain itu, mereka juga memasangkan cover untuk suspensi depan hingga spakbornya.

Untuk perfomanya, Scooter VIP memasangkan perangkat rem cakram dari Polini. Namun mereka tak mengganti kalipernya.

Dari depan tampak Vespa milik Awkarin ini menggunakan fly screen yang modelnya tak terlalu besar. Hal ini guna mengejar konsepnya yang ingin sporty.

Vespa Primavera Sean Wotherspoon AwkarinVespa Primavera Sean Wotherspoon Awkarin Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Beralih ke samping, Scooter VIP memasangkan footstep dari NC Project, merek yang sama dengan cover spakbor dan cover fork-nya.

Menariknya, Scooter VIP juga menambahkan travel bag yang senada dengan aura colorful-nya Vespa Sean Wotherspoon. Travel bag ini merupakan garapan anak asli Bekasi, Jawa Barat dan mereknya Scootech.

"Karin kan aktivitasnya padat, kalau gamau macet dia bisa riding. Makanya kita sengaja custom dari Scootech untuk tas-nya ini atau travel bag," ujar Dennil.

Bergeser ke belakang, Scooter VIP tampak mengganti spakbor belakang Vespa Awkarin. Mereka menggantinya dengan spakbor standar, namun untuk Vespa di pasar Eropa dan Amerika Serikat. Hal ini, dikarenakan mereka ingin mengejar aura yang berbeda, sebab spakbor tersebut memiliki reflektor.

"Di bagian belakang, kita ganti spakbornya pakai yang versi Europe atau American (market). Jadi dia ada reflektor atau mata kucingnya," ujarnya.

Scooter VIP juga melakukan pengecatan ulang terhadap cover CVT Vespa Primavera Sean Wotherspoon milik Awkarin. Mereka mengganti warna aluminum brush standar dengan warna hijau lembut.

"Bodinya ini udah warna-warni, jadi dibagian cover cvt-nya kita cat warna hijau telur asin (green relax) dan di dalamnya kita upgrade performance sih," papar Dennil.

Vespa Primavera Sean Wotherspoon AwkarinVespa Primavera Sean Wotherspoon Awkarin Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Scooter VIP juga memberikan upgrade pada bagian CVT agar performa Vespa dari Awkarin kian meningkat. Untuk sektor mesin, mereka memasangkan ignition amplifier dari Scootech.

"Oh enggak (bore up). Karena Karin juga nggak mau motornya over power atau apa. Makanya kita upgrade di bagian akselerasinya aja sih," papar Dennil.

"Part upgrade performanya juga kebanyakan plug n play, karena karakter berkendaranya yang sering stop n go atau daily aja," lanjutnya.

Agar pengeluaran tenaga dari mesinnya semakin optimal, Scooter VIP mengganti knalpot standar Vespa Primavera dengan knalpot Polini.

Vespa Primavera Sean Wotherspoon AwkarinVespa Primavera Sean Wotherspoon Awkarin Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Menariknya ini adalah kali kedua Scooter VIP kedatangan Vespa milik Awkarin. Di liputan detikOto ini, wujud Vespa-nya sudah final dan mengalami restorasi karena sempat terjadi 'crash' ringan.

"Kita restorasi ulang. Pertama kan waktu itu kan di bagian lampu sama yang sisi kiri kita cat. Sama di bagian fly screen ini kita ganti karena hancur," papar Dennil.

Total biaya yang dibutuhkan untuk memodifikasi Vespa Primavera Seanwotherspoon milik Awkarin ini sekitar Rp 30 jutaan.

"Kurang lebih mungkin sekitar Rp 30 jutaan. Sekitar segituan kurang-lebih," papar Dennil.

"Tapi kan bisa di-mix n match lagi. Misalnya bagian mana yang nggak perlu, segala macem. Itu kan bisa nge-reduce dari harganya juga kan," tutupnya.

(mhg/dry)