Vescooter, Dealer Vespa Matic Bekas yang Sanggup Jualan 150 Unit Sebulan

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 10 Jan 2022 10:59 WIB
Jakarta -

Di kelas motor harian, nama Vespa matic sangat jarang terdengar. Sebab Vespa matic lebih banyak dipakai untuk berkendara akhir pekan, sebagai motor hobi, dan juga gaya hidup. Namun di Depok, Jawa Barat, ada dealer motor bekas yang optimis menjual Vespa matic bekas dan sanggup jualan 150 unit per bulannya. Mereka adalah Vescooter.

"Awalnya Vescooter itu tahun 2016 dan awalnya kita rumahan. Awalnya dari cuma beberapa motor dan (saat itu) kita ada di rumah owner langsung," buka Wahyu Ismianto, Head of Sales and Marketing Vescooter kepada detikOto.

Dari beberapa unit Vespa matic bekas yang mereka jual di garasi rumah, kini Vescooter sudah punya dealer yang mampu menampung 50 hingga 60 unit Vespa matic bekas yang siap untuk dijual dan dalam kondisi yang sangat baik.

"Ya kita awalnya itu karena hobi. Di tahun itu, juga lagi booming Vespa matic," lanjut Wahyu.

Vescooter hadir untuk menjawab keresahan para pecinta Vespa matic. Menurut mereka, saat awal mereka berjualan harga Vespa matic sangat lah tinggi dan terlebih barangnya harus inden.

"Kalau misalnya di unit baru dulu inden bisa sampai 5-6 bulan. Banyak peminatnya tapi stoknya harus inden. Makanya dengan kita hadir mengisi segmen bekasnya," papar Wahyu.

Meski saat ini kondisinya penjualan Vespa matic dalam status baru sudah mudah, Vespa matic bekas masih banyak dicari oleh peminatnya. Terbukti, Vescooter terus berkembang dan masih optimis untuk meningkatkan penjualan bulanannya.

Dealer Vespa matic bekas VescooterDealer Vespa matic bekas Vescooter Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar / 20detik

"Kalau untuk ditanya berapanya, kita pasti ada kenaikan di tiap bulannya. Mungkin kalau di tahun kemarin, kita achieve di 150 unit (per bulannya), tahun ini kita akan kejar di atas itu lah," papar Wahyu.

Seperti yang disebutkan di awal, segmen pengguna Vespa matic tak seperti pengguna motor matic kebanyakan, yang menggunakannya untuk harian. Menurut Vescooter, mayoritas pembelinya menggunakan Vespa matic untuk gaya hidup.

"Biasanya pemakai Vespa matic sendiri, menggunakan Vespa-nya untuk sekadar riding (akhir pekan), touring, atau pas ada acara tertentu. Karakternya jarang pemakai harian," papar Wahyu.

"Segmen Vespa matic banyak banget peminatnya. Dari kalangan anak-anak remaja, anak sekolah, anak kuliahan. Terus ada ibu-ibu yang suka karena warnanya pun ada. Jadi banyak segmennya dan di umur berapa pun ada peminatnya," lanjutnya.

Menurut Vescooter, Vespa matic yang sedang banyak diincar saat ini adalah model Sprint dan Primavera yang merupakan lini Vespa kelas menengah.

"Di tipe Sprint, itu banyak banget peminatnya karena mungkin look-nya sporty. Banyak anak muda yang pakai. Selain itu, di tipe Primavera juga banyak peminatnya, karena look-nya yang klasik," papar Wahyu.

Sedangkan untuk Vespa matic bekas termurah ada di tipe LX 125 dan S 125 dengan mesin teknologi 3V. Vescooter menjual model ini dengan banderol Rp 25 juta hingga Rp 27 jutaan.

Menariknya, Vescooter mengatakan Vespa matic berbeda dari motor jenis lain yang memiliki nilai depresiasi harga cukup tinggi. Dari perhitungan Vescooter, Vespa matic bekas dalam kondisi yang baik, maksimal 20% untuk depresiasi harganya.

Dealer Vespa matic bekas VescooterDealer Vespa matic bekas Vescooter Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar / 20detik

"Memang untuk semua di otomotif ada yang namanya depresiasi harga. Tapi untuk depresiasi harga Vespa itu, beda dengan yang lain. Biasanya ada yang sampai 50%, tapi kalau di Vespa matic itu maksimal banget di 20% untuk pemakaian yang wajar," papar Wahyu.

"Dari awal 2016 sampai sekarang masih kayak gitu," tutupnya, sambil memberi tahu bahwa Vespa matic bekas sangat layak jadi barang kolektor.

Vescooter berlokasi di Jalan Siliwangi No. 12A Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat. Namun dealer spesialis Vespa matic bekas ini tak menutup kemungkinan untuk pemesanan di luar kota ataupun di luar pulau Jawa.

(mhg/din)