Seperti Apa Tren Modifikasi Vespa Tahun 2022?

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 23 Des 2021 15:48 WIB
Seperti apa tren modifikasi Vespa tahun 2022?
Foto: Dok. Scooter VIP. Seperti apa tren modifikasi Vespa tahun 2022?
Jakarta -

Vespa menjadi salah satu merek ikonik yang memiliki daya tarik tersendiri di kalangan penggemarnya. Oleh sebab itu, tren modifikasi motor skutik Italia tersebut pun cukup berkembang dan berbeda dari tahun ke tahun. Lalu seperti apa tren modifikasi Vespa di tahun 2022?

Dennil Sagita pendiri Scooter VIP mengatakan, tampilan Racing Look diprediksi masih bertahan dan akan semakin banyak yang berkolaborasi lintas merek di tahun 2022. Selain itu, tahun ini pilihan aksesori buatan karya anak bangsa disebut-sebut lebih dominan menguasai pasar.

"Tahun depan kurang lebih juga akan seperti itu, karya lokal yang gak kalah bagus dari segi build dan quality-nya dengan produk luar negeri akan banyak dipakai. Contoh velg, rear rack racing, pijakan kaki racing, dan bahkan tutup fork dan dasi bagian depan sudah banyak yang memakai buatan merek lokal," tutur Dennil dalam keterangan resminya, Kamis (23/12/2021).

Modifikasi Vespa Atta HalilintarModifikasi Vespa Atta Halilintar Foto: Dok. Scooter VIP

Sementara dari sisi parts aftermarket, menurut Dennil beberapa pengguna Vespa masih lebih nyaman dengan produk parts aftermarket merek luar negeri karena jauh lebih siap dari segi teknologi, build material, quality finishing maupun research and development-nya.

"Dan ada beberapa bagian penting yang menurut teman-teman komunitas mereka lebih jauh bergengsi dan pede saat riding sunmori jika menggunakan tampilan produk aftermarket yang punya nama," sambung Dennil.

Lalu bagaimana dengan produk aftermarket lokal yang juga sudah mulai banyak digunakan pada Vespa modern saat ini?

"Untuk produk aftermarket lokal saya belum cek untuk kualitas dan uji ketahanannya jika dipakai untuk penggunaan jangka waktu yang lama, namun itu juga tak masalah jika memang nyaman saat dipakai dan workshop yang mengerjakan proper Karena budget modifikasi tiap orang kan beda-beda. Tapi di sisi lain, itu akan jadi masalah jika subtitusi parts yang digunakan belum tentu presisi atau malah jadinya merusak saat baru dipakai, sehingga konsumen sendiri yang dirugikan ke depannya karena sudah habis budget banyak" ujar lulusan Teknik Mesin Universitas Trisakti itu.

Seperti apa tren modifikasi Vespa tahun 2022?Pendiri Scooter VIP Dennil Sagita Foto: Dok. Scooter VIP

"Kembali lagi bahwa semua pilihan itu balik ke penggunanya, lebih nyaman dan pede dengan yang merek apa? Karena gak semua parts aftermarket bisa diproduksi di dalam negeri karena secara tahap uji coba di jalan itu sudah melalui proses yang sudah diperhitungkan untuk pemakai dalam jangka waktu lama, dan ada beberapa regulasi yang sudah dikembangkan di luar negeri terutama eropa dalam hal faktor keselamatan pengendaranya," sambungnya.

PT. Scooter Victory Inter Part atau Scooter VIP sendiri adalah salah satu workshop modifikasi dan perawatan untuk Vespa modern yang didirikan sejak 2011 berlokasi di Bekasi dan Surabaya, banyak kiprahnya di balap Vespa dan modifikasi Vespa para figur public ternama, seperti Andre Taulany, Fathir Muchtar, Awkarin, Gading Marten dan terakhir Atta Halilintar.

(lua/lth)