Intip Biaya Bikin Vario 160 Khusus Marquez dan Espargaro di Mandalika

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 12 Feb 2022 08:10 WIB
Jakarta -

Marc Marquez dan Pol Espargaro menjajal Vario 160 dengan livery khusus Repsol Honda di Pertamina Mandalika International Circuit. Tertarik bikin dengan model yang sama?

Honda Vario 160 dengan livery Repsol Honda Team itu memang khusus didatangkan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk menunjang mobilitas rider dan tim balap selama tes pramusim Pertamina Grand Prix of Indonesia. Tapi selain sesi tes pramusim, Honda Vario 160 edisi spesial ini akan terlihat pada putaran MotoGP seri Mandalika yang digelar pada 18-20 Maret 2022.

Sosok di balik modifikasi itu ialah Katros Garage. Bengkel langganan Presiden Joko Widodo ini dipercaya PT AHM untuk memberikan sentuhan racing pada Vario 160 tersebut. Atenx, penggawa Katros Garage bilang juga menerima pengerjaan paket modifikasi bagi masyarakat yang hendak memiliki konsep desain Vario 160 Repsol Honda Team, apalagi Honda juga belum merilis varian dengan kelir balap tersebut.

"Bisa dong (terima modifikasi Vario 160 ala Repsol Honda)," kata Atenx kepada detikcom, Jumat (11/2/2022).

"Nanti dari Katros akan kasih semacam sertifikat juga, ngejelasin kalo motor tersebut "Original re-assembly by Katros". Karena Katros kemarin yang di tunjuk AHM untuk garap motor itu.
Karena kalo yang lain mau jiplak sebenernya bisa aja kan, tapi bedanya official dan nggak aja," tambah Atenx.

Honda Vario 160 buat Marc Marquez dan Pol Espargaro garapan Katros GarageHonda Vario 160 buat Marc Marquez dan Pol Espargaro garapan Katros Garage Foto: Instagram @katrosgarage

Bicara soal modifikasi, Vario 160 ala Repsol Honda Team itu mengalami banyak sentuhan dari segi eksterior. Sementara dari bagian rangka hingga mesin masih standar bawaan pabrik.

Tampilannya lebih racing berkat perpaduan warna kelir orange, hitam, putih, biru, dan merah yang melabur pada sekujur Honda Vario 160. Pengecatan dilakukan dengan metode airbrush, jadi bukan hanya menempel stiker.

Honda Vario 160 buat Marc Marquez dan Pol Espargaro garapan Katros GarageHonda Vario 160 buat Marc Marquez dan Pol Espargaro garapan Katros Garage Foto: Instagram @katrosgarage

Lanjut di area depan tersemat nomor motor 93 untuk sang juara dunia 8 kali Marc Marquez dan nomor 44 untuk rekan satu timnya Pol Espargaro.

"Waktu pengerjaan sekitar 2 minggu mas. Tapi tergantung antrian ya," terang Atenx soal estimasi pengerjaan modifikasi Vario 160 ini.

Guna mempermanis penampilan, Honda Vario 160 untuk Marc Marquez dan Pol Espargaro ini juga sudah dibekali visor, stepfloor, garnish muffler cover, garnish Radiator, garnish air filter, seat cover, yang semuanya ini merupakan Honda Genuine Accessories.

Honda Vario 160 buat Marc Marquez dan Pol Espargaro garapan Katros GarageHonda Vario 160 buat Marc Marquez dan Pol Espargaro garapan Katros Garage Foto: Instagram @katrosgarage

Tampilan bulky atau gemuk dari varian terbaru Varia 160 berkat ubahan ukuran atau naik satu tingkat dari versi sebelumnya. Ini tetap dipertahankan oleh Katros Garage pada Vario 160 ala Repsol Honda Team, yakni bagian depan 100/80 - 14 dan belakang 120/70 - 14.

Pun desain velg standar yang mirip dengan kepunyaan PCX 160 tidak diganti. Hanya saja, warnanya berganti jadi orange mengikuti livery dari Repsol Honda Team.

Lalu, berapa estimasi harga memodifikasi Vario 160 ini?

"Untuk harga cat bodi, plus cat pelek, plus assembly Rp 5 juta. Terus kalo untuk paketan pakai parts aksesoris Honda nambah Rp 2 juta sudah sama pasang ya," ungkap Atenx.

(riar/din)