Katanya Sistem Bubble, Kok Pebalap MotoGP 'Keluyuran' Beli Pulsa-ke Pantai Mandalika?

Doni Wahyudi - detikOto
Jumat, 11 Feb 2022 06:34 WIB
Lalu Heryansa Febriawan berpose bersama pembalap MotoGP 2022, Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo, Rabu (9/2).
Fabio Quartararo mampir ke gerai telepon selular untuk membeli SIM Card perdana (dok.pribadi)
Jakarta -

Pebalap-pebalap MotoGP yang sudah sampai Mandalika membagikan momen menarik yang mereka temui sebelum menjalani tes pramusim. Ini kemudian memunculkan pertanyaan soal klaim sistem bubble yang diterapkan pada mereka.

Seluruh rider MotoGP beserta rombongannya tidak menjalani karantina sebagaimana diwajibkan pada pengunjung yang datang dari luar negeri. Setelah tiba di bandara pada Senin (7/2) sore waktu setempat mereka langsung diarahkan ke hotelnya masing-masing.

Tidak adanya kewajiban karantina buat rombongan MotoGP termuat dalam surat edaran Satgas COVID-19. Dikutip dari Antara, Satgas COVID-19 telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor Nomor 5 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Sistem Bubble pada Kegiatan MotoGP 2022 di Mandalika dalam Masa Pandemi COVID-19. Surat edaran tersebut terbit pada 3 Februari.

Dijelaskan Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas COVID-19, Alexander K Ginting, para pebalap dan ofisial tim serta MotoGP sudah berada pada skema perlindungan travel bubble.

Lalu Heryansa Febriawan berpose bersama pembalap MotoGP 2022, Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo, Rabu (9/2).Fabio Quartararo kedapatan mampir sebuah gerai telepon selular di Mandalika Foto: (dok.pribadi)

"Kalau sudah karantina bubble, artinya karantina terpusat tidak dikerjakan karena tumpang tindih. Bubble kan ada dalam karantina yang gelembungnya bergerak tapi tidak boleh pecah. Sehingga setiap bubble akan konsisten dalam bubble-nya masing masing tanpa menjadi pecah," tegas Alexander beberapa hari lalu, dikutip dari Antara.

Namun beragam pertanyaan kemudian muncul setelah banyak pebalap MotoGP membagikan momen-momen mereka di luar hotel. Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, beberapa rider melakukan aktivitas-aktivitas menikmati keindahan alam Lombok dengan berbagai cara.

Ada Aleix Espargaro yang bersepeda, Alex dan Marc Marquez jalan-jalan ke pantai, sampai Fabio Quartararo memenuhi kebutuhan dengan belanja kartu perdana. Menurut keterangan warga setempat, beberapa pebalap dan ofisial tim kedapatan juga membeli kartu perdana serta perlengkapan telepon selular lainnya seperti kabel HP dan power bank.

Unggahan Aleix EspargaroAleix Espargaro membagikan momen dia berkeliling Mandalika di atas sepeda Foto: Instagram @aleixespargaro

Lalu Bagaimana dengan sistem bubble-nya?

[Halaman selanjutnya >> Tanggapan ITDC soal Pebalap yang 'Keluyuran']