Sangar! Suzuki Thunder Bekas Rp 1 Jutaan Disulap Jadi Motor Chopper

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 30 Jul 2021 12:25 WIB
Jakarta -

Tiap rumah modifikasi atau bengkel motor kustom, biasanya punya motor signature yang punya cerita di balik pengerjaannya. Untuk Batakastem, mereka memilih Suzuki Thunder 125 yang harga bekasnya Rp 1 Jutaan sebagai motor signature-nya.

Bengkel motor kustom asal Pamulang, Tangerang Selatan ini, memang sejak lama terkenal piawai memilih bahan motor untuk mereka kustom.

Suzuki Thunder 125 Chopper by BatakastemSuzuki Thunder 125 Chopper by Batakastem Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Contohnya Suzuki Thunder 125 lansiran tahun 2007. Motor sport naked yang 'under-rated' ini, ternyata sudah ada sejak Batakastem berdiri, tepatnya di 2016 silam.

Motor yang kini menjadi signature series Batakastem ini dulunya sempat tampil dengan gaya cafe racer. Namun, seiring berjalannya waktu Batakastem akhirnya menemukan konsep yang lebih pas untuk sebuah motor signature.

Tidak hanya sentimental karena Suzuki Thunder 125 ini sudah ada sejak bengkel motor kustom Batakastem berdiri, tapi motor ini juga jadi penanda transisi Batakastem ke dunia motor kustom.

"Dulu tuh sebenarnya kita fokus ke mesin. Kita ikut fun race dan turun balap. Karena memang saya basic-nya dari teknik mesin. Jadi bisa dibilang, terjun ke dunia motor kustom ya salah satunya dari Thunder 125 ini," papar Abraham pemilik Batakastem kepada detikOto.

Suzuki Thunder 125 Chopper by BatakastemTangki bahan bakar Suzuki Thunder 125 Chopper by Batakastem Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

"Motor ini bisa dibilang udah nggak ada lagi harganya. Kami dapat ini sekitar Rp 1 jutaan. Bahkan ada juga yang harganya Rp 800 ribuan, tuh (sambil menunjuk ke arah satu motor), sedang digarap," paparnya.

"Kami memang pengin tampil beda. Suzuki Thunder ini kami coba buat konsep Chopper, tapi pengin ada unsur Bobber-nya," ujar Abraham.

Secara tampilan, memang Suzuki Thunder 125 signature Batakastem ini tampil khas Chopper dengan model kaki-kaki depan tinggi, dan posisi jok yang cukup rendah.

"Wheelbase (jarak sumbu roda) sengaja kita panjangin dan posisi footstep agak naik. Jadi posisi duduknya agak jongkok. Kalau ini sih kita fitting pakai badan mekanik kita Asrul," papar Abraham.

Suzuki Thunder 125 Chopper by BatakastemSuzuki Thunder 125 Chopper by Batakastem Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Motor utuh Suzuki Thunder 125 habis dipreteli hingga menyisakan beberapa part dan mesin saja. Untuk urusan rangka, Abraham membangun ulang dari pipa besi seamless berdiameter 28 mm.

"Pelek kita pakai DID dan ban pakai Swallow S212. Ban ini memang untuk motor tracker biasanya, tapi karena konsepnya kita pengin beda, jadi kita pasang di motor chopper-bobber ini," papar Abraham.

Untuk pengereman, Abraham tetap menggunakan rem tromol Suzuki Thunder 125 di bagian belakang. Namun untuk rem depan, menariknya Batakastem menggunakan rem tromol belakang dari Yamaha Nouvo.

Suzuki Thunder 125 Chopper by BatakastemAlur pengereman belakang Suzuki Thunder 125 Chopper by Batakastem Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

"Alur pengereman belakang ini kalau aslinya sih biasa aja. Dari footstep langsung lari ke rem belakang sini. Tapi ini kita buat khusus, alurnya digambar dulu dan semua ini bisa bergerak," papar Abraham sambil menunjuk ke arah alur pengereman yang dibuatnya dari ragam besi berbentuk ball-joint.

Motor kustom ini memang sengaja tidak didesain oleh Abraham sebagai motor yang ramah digunakan atau untuk harian. Sebagai motor signature, Abraham ingin membuat motor ini menjadi wadah dari kreatifitasnya.

Mesin Suzuki Thunder 125 Dimodifikasi Menjadi 4 Klep

Suzuki Thunder 125 memang terlahir menjadi motor sport naked dengan mesin yang kalem. Kapasitas mesinnya hanya 125 cc dan mengandalkan 2 katup untuk jalur bahan bakarnya.

Bengkel kustom motor Batakastem ternyata tidak ingin hanya memodifikasi tampilan dari motor signature-nya , tapi juga turut memodifikasi bagian mesinnya.

Suzuki Thunder 125 yang seyogyanya menggunakan 2 klep, disulap menjadi 4 klep dengan mengganti kepala silinder Hyosung RX 125.

"Hyosung RX 125 ini kan mesinnya sama kayak Thunder dan ternyata dia pakai 4 klep. Jadi dicoba lah pasang ke Thunder 125 ini. Ternyata plek-plek," ujar Abraham Simatupang pemilik dari Batakastem.

Suzuki Thunder 125 Chopper by BatakastemMesin Suzuki Thunder 125 Chopper by Batakastem Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

"Dudukan baut blok juga sama, jadi tinggal pasang aja. Terus supaya performanya naik lagi, kita oversize 150 dan pakai seher Tiger yang diameter 65 mm. Jadi bisa dibilang Thunder 125 ini sekarang 200 cc lah," papar Abraham.

Namun, untuk menguatkan konsep motor Chopper-nya, Abraham sengaja melepas perangkat oil cooler yang harusnya terpasang di bagian head dari Hyosung RX 125 ini.

"Kalau part masih banyak yah. Ini head Hyosung gini kita beli sekitar Rp 500 ribuan aja dan terbilang sukses lah untuk naikin performa Thunder 125 ini," papar Abraham.

Suzuki Thunder 125 Chopper by BatakastemMesin Suzuki Thunder 125 Chopper by Batakastem Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Spesifikasi Suzuki Thunder 125 Batakastem;

Mesin: Suzuki Thunder 125
Kepala Silinder: Hyosung RX 125
Karburator: Keihin PE28
Knalpot: Custom
Rangka: Custom Pipa Seamless
Tangki: Custom - Plat Galvanis
Handle Rem & Kopling: Handmade
Headlamp: After Market
Pelek: DID 19 Inci dan 17 Inci
Ban: Swallow S212
Stop lamp: After Market - LED
Modifikator: Batakastem

(mhg/rgr)