Suzuki Hayabusa Jadi-jadian, di Baliknya Ternyata Bajaj Pulsar

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 25 Mei 2021 10:39 WIB
Suzuki Hayabusa dengan basis Bajaj Pulsar
Suzuki Hayabusa dari basis Bajaj Pulsar Foto: Rideapart
Jakarta -

Motor gede (moge) acapkali menjadi rujukan bagi pecinta modifikasi motor untuk memvermak tunggangannya. Salah satunya modifikator asal India ini, yang menyulap Bajaj Pulsar menjadi semirip mungkin dengan Suzuki Hayabusa.

Dikutip dari rideapart, Senin (24/5/2021) sepeda motor yang menjadi patokan ialah Suzuki Hayabusa GSX 1300 R. Sedangkan basisnya merupakan Bajaj Pulsar 220.

Jika dilirik modifikasi motor ini mengubah hampir seluruh bagian motor. Mulai dari penyesuaian di bagian subframe, bodi-bodi, sistem pengereman, dan sistem pencahayaan.

Replika Suzuki Hayabusa tersebut ditampilkan di saluran YouTube India bernama Vampvideo. Body Bajaj Pulsar 220 itu pun mengikuti dimensi motor Suzuki Hayabusa, yakni dengan panjang 2.190 mm, lebar 735 mm dan tinggi 1.165 mm.

Suzuki Hayabusa dengan basis Bajaj PulsarSuzuki Hayabusa dari basis Bajaj Pulsar Foto: Rideapart

Bagi mata awam atau yang handal sekalipun, replika ini mungkin dianggap sebagai Hayabusa asli. Lampu depan, lampu belakang, dan lampu sein berfungsi dan bahkan memiliki bagian ekor segitiga khas yang terlihat seperti aslinya. Juga ditempeli stiker GSX 1300 R.

Bagian fairing, tangki bahan bakar, dan buntut juga dibuat semirip Hayabusa. Meski body body dan kaki-kaki yang gambot, lengan tidak diikuti dengan perubahan pada lengan ayun belakang alias swingarm. Pun suspensi depan masih menggunakan teleskopik bukan upside-down seperti yang asli.

Suzuki Hayabusa dengan basis Bajaj PulsarSuzuki Hayabusa dengan basis Bajaj Pulsar Foto: Rideapart

Perbedaan lain baru terasa saat mendengar raungan dari Hayabusa GSX 1300 replika tersebut. Sebab, modifikasinya tetap menggunakan mesin Pulsar 220.

Tentu saja Suzuki Hayabusa yang asli menggendong mesin empat silinder, DOHC, liquid cooled, berkapasitas 1.340 cc dengan transmisi enam percepatan. Ketika mesin dinyalakan, karakter mesin motor empat silinder terdengar sangat merdu itu pun hilang.

Menurut laporan, total biaya pembuatan sebesar Rs. 1,7 lakh, atau lebih dari $ 2.000 USD atau sekitar Rp 28,7 jutaan. Keren detikers?



Simak Video "Konvoi Moge Terobos Busway di Jakpus Berujung Tilang"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)