Iseng, ZX-10R Vs Hayabusa Diadu Tarik Tambang

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 11 Mar 2021 13:02 WIB
Suzuki Hayabusa vs Kawasaki ZX-10R adu tarik tambang
Suzuki Hayabusa vs Kawasaki ZX-10R adu tarik tambang Foto: YouTube HSB
Jakarta -

Iseng betul para bikers asal India ini, jika biasanya Suzuki Hayabusa dan Kawasaki ZX-10R lebih cocok diadu di sirkuit, tapi kini malah diajak tarik tambang. Kira-kira siapa yang menang?

Entah karena sekadar ingin tahu atau hanya iseng semata, sebuah video yang diunggah oleh akun YouTube HSB terlihat Kawasaki Ninja ZX10R dan Suzuki Hayabusa saling bertarung satu sama lain di dalam sebuah taman di atas permukaan rumput.

Kedua sepeda motor diikat satu sama lain menggunakan tali, dan berusaha menarik satu sama lain untuk memenangkan permainan. Ada kalanya Hayabusa menarik Ninja ZX10R tanpa masalah, sedangkan di lain waktu Ninja ZX-10R menarik Suzuki Hayabusa.

Meski pada akhirnya, seorang pria yang menggunakan turban -- ikat kepala-- dalam video mengatakan bahwa Hayabusa telah memenangkan pertempuran tersebut.

Sedikit mengulas kedua motor tersebut, Suzuki Hayabusa dan Kawasaki Ninja ZX-10R merupakan motor di dua segmen yang berbeda.

Suzuki Hayabusa dikenal merupakan motor sport touring yang lebih asyik untuk digunakan perjalanan jauh. Nama Hayabusa dipilih Suzuki karena terinspirasi oleh salah satu burung tercepat di dunia, yakni Peregrine Falcon. Betapa tidak, burung ini mampu terbang dengan kecepatan maksimum hingga 390 km/jam. Dalam bahasa Jepang, burung tersebut diberi nama Hayabusa.

Suzuki Hayabusa juga dikenal dengan nama GSX1300R. Motor ini kabarnya diproduksi untuk menyaingi Honda CBR1100XX Super Blackbird, yang ketika itu menjadi motor produksi umum tercepat di dunia.

Motor itu didukung oleh mesin 1.300 cc empat silinder segaris. Motor injeksi bahan bakar ini mengeluarkan tenaga puncak 200 hp pada 9.500 rpm dan torsi puncak 155 Nm pada 7.200 rpm. Mesin tersebut dipasangkan dengan gearbox manual 6 kecepatan.

Sedangkan Kawasaki Ninja ZX10R merupakan motor supersport dengan sokongan yang lebih kecil, yakni 998cc. Mesin empat silinder segaris tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimum 197 hp dan torsi puncak 113,5 Nm.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Lesgo! Buktiin Motor yang Dibilang Mirip Harley"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)