Sabtu, 28 Apr 2018 16:14 WIB

Vespa Gembel Itu Bukan Modifikasi

Ruly Kurniawan - detikOto
Vespa gembel yang diciduk polisi karena terlalu ekstrem. Foto: Eko Sudjarwo Vespa gembel yang diciduk polisi karena terlalu ekstrem. Foto: Eko Sudjarwo
Jakarta - Kini modifikasi sepeda motor sangat beragam. Mulai dari yang berkonsep clean sampai ekstrem cukup sering kita lihat di jalanan ibu kota. Tapi bicara tentang modifikasi ekstrem, pasti tidak pernah jauh dengan Vespa rakitan beberapa komunitas yang bannya saja sampai puluhan.

Menanggapi hal tersebut, Arsitek dan konseptor The Wasteland Project, Bingky mengaku sangat prihatin terhadapnya. Soalnya, menurut dia hal itu menyalahgunakan arti kata modifikasi.


"Iya, tidak aneh lah kalau kita lihat di jalanan Vespa yang ngawur, yang keterlaluan modifikasinya. Seperti pakai pohon dan bannya sampai dua puluhan. Ini menurut gua tidak masuk kedalam modifikasi ataupun kendaraan artistik," tutur pria nyentrik yang gemar membuat mobil dan motor menggunakan barang bekas ini di area Indonesia International Motor Show (IIMS), JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Bingky menuturkan, entah apapun alirannya modifikasi kendaraan itu harus tidak melupakan akan kenyamanan, keselamatan, dan keamanan saat berkendara. Kalau sudah tidak mengindahkan hal itu, kendaraan tersebut bukan termasuk seni dalam kendaraan.

"Kalau di dunia kustom, ini tidak masuk kustom mereka. Itu dia memodifikasi apa yang dia punya, dipakai apapun untuk menjadikannya mobil atau motor. Menurut gue ini sih bukan seni," kata Bingky.


"Bagaimana tidak, ini kendaraan tidak ada keamanannya, tidak ada kenyamanannya, dan sebagainya," ujarnya lagi.

Oleh karena itu, kalau ingin memodifikasi kendaraan janganlah melupakan faktor tersebut. Dan, yang tidak kalah pentingnya ialah surat-surat dan kelengkapan kendaraan.

"Untuk modifikator muda, jangan pernah lupa bahwa bila ingin modifikasi kendaraan selalu perhatikan kenyamanan, keselamatan, dan keamanan di kendaraan itu. Itulah yang penting," tutup Bingky. (ruk/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed