Menolak Mati, Mobil Tua Ini Disulap Jadi Eskavator

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 13 Jan 2021 16:47 WIB
Mobil tua jadi ekskavator mini
Mobil tua jadi ekskavator mini. Foto: Istimewa.
Jakarta -

Mobil tua yang sudah renta biasanya tak dipakai lagi dan berakhir sebagai rongsokan. Namun, kerap kali pemiliknya menyegarkan mobil tua itu sehingga bisa kembali digunakan. Salah satunya dilakukan oleh Ben Jacob dari India ini.

Diberitakan The Hindu, Ben Jacob adalah seorang insinyur Indian Space Research Organisation (ISRO). Dia mengubah mobil tua menjadi sesuatu yang dapat berguna bagi banyak orang dengan harga murah.

Mobil ini awallnya dibeli dalam keadaan bekas beberapa tahun lalu. Ben membeli mobil ini untuk istrinya. Mobil sudah berusia 20 tahun, tapi Ben tak tega untuk menghancurkannya.

"Saya ingin mengubahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat. Saya memeriksa beberapa ide dan akhirnya memilih ekskavator," kata Ben.

Ben memutuskan untuk memodifikasi hatchback Daewoo Matiz menjadi ekskavator mini. Meski berukuran mini, ekskavator dari sebuah mobil tua itu bisa mengerahkan kekuatan enam ton untuk penggalian. Ekskavator ini juga bisa mengangkat beban hingga 500 kg.

Mobil itu berbobot 1,1 ton dan dia melakukan sebagian besar konstruksi sendiri. Sebagian besar peralatan itu berasal dari bengkel rumahnya, sementara untuk melubangi engsel 44 mm Ben butuh bantuan pihak lain.

Modifikasi mobil tua menjadi ekskavator ini tergolong murah. Ben hanya menghabiskan biaya sebesar 70.000 rupee (Rp 13,5 jutaan).

Butuh waktu dua bulan untuk mengubah mobil tua ini menjadi ekskavator mini. Modifikasi dilakukan selama lockdown pandemi virus Corona. Proyek modifikasi sempat tertunda karena lambatnya transportasi suku cadang yang ia pesan.

"Ini mini crane... Bisa dibuat menggunakan mobil tua dengan biaya hanya 70 ribuan (rupee). Jika Anda ingin membeli ekskavator komersial di pasar, minimal harganya adalah Rs. 20 lakh (Rp 386 jutaan) harus dihabiskan. Meski mobil saya berumur 20 tahun dan dalam kondisi baik, saya ingin melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat. Setelah banyak pemikiran, saya fokus pada mini crane. Saya telah mengerjakan proyek ini sejak Mei," katanya.

"Ini bisa digunakan untuk penggalian kolam, jalan, parit dan kanal," sebutnya.



Simak Video "Kontes Modifikasi Angkot, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)