Tuna Netra Ini Bisa Cangkok Mesin Motor ke Mobil

Rizki Pratama - detikOto
Selasa, 05 Jan 2021 14:56 WIB
Dengan keterbatasannya pria tuna netra ini memodifikasi mobil pakai mesin motor.
Tuna netra modifikasi mobil pakai mesin motor. Foto: Youtube: BlindLeadingTheBlind
Jakarta -

Modifikasi membutuhkan kemampuan yang mumpuni agar dapat berhasil. Tapi mungkinkah orang yang kehilangan indera pengelihatannya bisa melakukan pekerjaan modifikasi yang rumit?

Tengoklah sebuah video Youtube dari kanal BlindLeadingTheBlind menampilkan seorang mekanik tuna netra yang sedang mengerjakan modifikasi mobil Mini klasik bertenaga mesin Yamaha R1.

Memasang mesin superbike ke dalam Mini bukanlah hal baru, tetapi menarik sebenarnya di sini adalah Simon, mekanik buta di dalam video ini. Ia mengaku belum pernah mengoprek mesin R1 sebelum proyek ini. Hebatnya, dengan hanya meraba mesin tersebut dia dapat mengenali bagian-bagian dari mesin Yamaha R1 tersebut.

Dalam video berdurasi kurang lebih 13 menit itu pria ini mengerjakan modifikasi mesin Yamaha R1. Tujuannya agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan mobil klasik yang akan menggunakan mesin tersebut. Ia melepaskan throtle body dan menyambungkannya dengan sistem bahan bakar.

Di video yang diunggah sebelumnya Simon menjelaskan bagaimana kondisi mobil sebelum memasang mesin Yamaha R1. Pastinya dapur pacu asli mobil tua itu sudah dikosongkan beserta segara sistem penggeraknya.

Modifikasi Mini klasik bermesin Yamaha R1 bukanlah yang pertama dan sudah banyak yang mencobanya. Hebatnya lagi Simon tidak sekedar mengerjakan mesin tersebut, ia juga menjelaskan secara lisan setiap detailnya sehingga orang lain dengan keterbatasan seperti dia dapat memahami juga apa dan bagaimana ia mengerjakan hal tersebut.

Proyek modifikasi ini belum sepenuhnya rampung. Tampaknya ia meng-upload setiap proses pengerjaan. Di kanal Youtubenya baru ada dua video, pertama soal persiapan modifikasi kedua tentang mesin Yamaha R1 ini. Tentunya menarik untuk mengikuti proses dan melihat hasil dari modifikasi pria tunanetra ini.



Simak Video "Tangis Haru Tuna Netra dan Lansia Ditengok Jenderal Bintang Satu"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)