Sabtu, 17 Okt 2020 13:35 WIB

Meski Online, Pameran Modifikasi di Indonesia Berhasil Sedot 27.658 Penonton

M Luthfi Andika - detikOto
Bodykit Porsche Buatan Anak Bangsa body modifikasi Karma Foto: Dok. IMX
Jakarta -

Ajang pameran modifikasi Expo (IMX) 2020 resmi diselenggarakan Sabtu (10/10/2020) kemarin, siapa yang sangka meski digelar secara virtual dan hanya 5 jam ada 27.658 orang yang menyaksikan langsung dari 69 kota di Indonesia, Amerika, Belanda dan Jepang.

IMX Event Expo tahunan ke-3 yang digagas oleh National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) ini juga mencatat ada 33 ribu tiket online IMX 2020 yang terjual.

"Sebagai penyelenggara kami berusaha untuk selalu konsisten mengadakan IMX setiap tahun. Meski 2020 ini kondisi pandemi belum berakhir, membuat kami berusaha untuk beradaptasi dengan semua kebiasaan baru termasuk mengalihkan penyelenggaraan IMX menjadi virtual. Hal tersebut didorong dari banyaknya permintaan teman-teman aftermarket dan modifikasi yang memiliki tekad sama untuk tetap berkarya dan memandang situasi pandemi justru bukan menjadi rintangan, tetapi menjadi peluang yang bisa diatasi dengan bekerjasama," ujar Andre Mulyadi selaku IMX Project Director.

Dukungan hangat juga diberikan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) atas terselenggaranya event IMX 2020, bahkan Kemenperin ikut melaksanakan beberapa aktivitas di dalamnya seperti Gelis Tuner Competition, AMMDes Digimodz #2, serta sosialisasi Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (RSKKNI) Modifikator.

"IMX adalah pameran otomotif satu-satunya yang diselenggarakan di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan menggabungkan online dan offline event (hybrid). Konsep seperti IMX ini bisa menjadi inspirasi bagi penyelenggaraan pameran lainnya di Indonesia. Sejalan dengan perkembangan industri kendaraan bermotor, sektor modifikasi juga mengalami perkembangan sangat positif. Indikator munculnya expo seperti IMX yang memicu perkembangan produk-produk dan bengkel modifikasi. Membuktikan bahwa modifikator Indonesia tidak kalah. Selamat atas terselenggaranya IMX 2020, saya meyakini acara ini dapat terus berkembang dan menjadi sarana untuk menunjukkan state of the art kreativitas dan kemampuan anak bangsa. Kami Kemenperin RI akan selalu mendukung," kata Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menjadi juri di IMX 2020Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menjadi juri di IMX 2020 Foto: dok. MPR RI

Sambutan hangat juga disampaikan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Bambang Soesatyo. Bambang menilai IMX 2020 adalah kegiatan yang berani menerobos dengan inspirasi event virtual.

"Menginspirasi bahwa pandemi tidak malah membuat kita diam, tidak boleh menyerah dengan keadaan saat ini. Ini luar biasa," tambah Bambang.

Berbagai mobil modifikasi terbaik ikut diperlihatkan tahun ini, sebut saja Suzuki Karimun Wagon R edisi 50 tahun yang hanya dijual sebanyak 50 uni dan XL7 custom concept yang tampil lebih eksklusif dengan tampilan modifikasi khas Adventurer SUV.

Pada IMX 2020 kali ini Setiap tenant produk dan jasa aftermarket di IMX 2020 memiliki program promosi dalam program IMX Digital Market melalui platform Shopee yang berlangsung dari tanggal 10-11 Oktober. Mulai dari karpet mobil, sticker, car cover, car detailing, lampu, audio, velg, air suspension, kaca film, body kit, sampai mobil baru.

Namun yang menarik perhatian IMX 2020 tahun ini kelahiran KARMA Bodykit kembali dengan lineup terbarunya, KARMA Cayman untuk Porsche Cayman 987.2 yang merupakan model ketiga KARMA Bodykit yang diluncurkan secara worldwide melalui IMX.

Dalam paket penjualannya terdiri dari bumper depan, bumper lips, side skirt bumper belakang, fender, over vender, dan wing spoiler. Di mana desain agresif khas KARMA Bodykit dengan air dam besar serta lekukan khas di ujung-ujung bumper dan side skirt tetap dipertahankan yang membuatnya berbeda dengan produk body kit lainnya. Semua fungsi dan performa body kit ini sudah diperhitungkan secara matang, termasuk pemasangannya yang plug and play.

Bodykit Porsche Buatan Anak BangsaBodykit Porsche Buatan Anak Bangsa Foto: Dok. IMX



KARMA Cayman dijual seharga 4.000 dolar Amerika Serikat dan saat ini sudah masuk dua pesanan dari dalam dan luar negeri untuk body kit tersebut.

Sementara itu terdapat body kit PROJECT J yang merupakan kolaborasi Musa Tjahjono, Head of Designer rumah modifikasi West Coast Customs dengan Pengepul Mobil, seorang builder spesialis mobil-mobil JDM legendaris, Pengepul Mobil.



Kolaborasi keduanya adalah membuat paket wide body kit untuk Honda Civic Nouva (EF) hatchback atau Civic Generasi keempat yang beredar medio 1987-1991. Paketnya terdiri dari front bumper, front lip, front widebody fenders, side skirts, rear widebody fenders, serta rear bumper with diffuser yang dijual seharga 2.500 dolar Amerika Serikat.

Widebody kit ini akan diproduksi secara eksklusif dan dipasarkan ke seluruh dunia dan dikerjakan sepenuhnya di dalam negeri. Sistem pembeliannya melalui pesanan terlebih dahulu via Instagram direct message ke akun @pengepul_mobil.



Simak Video "Kontes Modifikasi Angkot, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com