Sabtu, 10 Okt 2020 19:08 WIB

Mobil Desa Versi Pemadam Kebakaran Meluncur di IMX 2020

Rizki Pratama - detikOto
AMMDes Pemadam Kebakaran diluncurkan di IMX 2020 AMMDes Pemadam Kebakaran meluncur di IMX 2020. Foto: Indonesia Modification Expo 2020
Jakarta -

Selain karya modifikasi, Indonesia Modification Expo (IMX) juga menjadi ajang peluncuran Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) terbaru. Pada IMX 2020 kali ini, AMMDes melahirkan versi pemadam kebakarannya di Indonesia.

"Hari ini AMMDes punya aplikasi terbaru yaitu AMMDes pemadam kebakaran. Kami sangat bergembira sekali bisa launching di event ini," ujar Presiden Direktur PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI), Reiza Treistanto di IMX 2020 yang diselenggarakan secara virtual, Sabtu (10/10/2020).

Sebagai mobil pemadam kebakaran, AMMDes ini dilengkapi dengan pompa utama berkapasitas 150 liter per menit yang mampu menyemprotkan air sejauh 30-40 meter. Selain itu untuk semprotan yang lebih kuat ada tambahan pompa portable yang memiliki kapasitas 300 liter per menit untuk masuk reservoir AMMDes berkapasitas 400 liter.

"AMMDes pemadam kebakaran ini dilengkapi dengan pompa utama yang ada di atas berkapasitas 150 liter per menit dengan daya semprot 30-40 meter. Kemudian dilengkapi juga dengan pompa portable dengan kapasitas debit air lebih besar sekitar 300 liter per menit yang berfungsi menarik air dari sumber air untuk dimasukkan ke reservoir di dalam AMMDes ini yang kapasitasnya 400 liter," terang Reiza.

Reiza berharap hadirnya AMMDes pemadam kebakaran dapat menjadi solusi tepat dalam penanganan dan pencegahan kebakaran. Ukuran serta daya jelajah yang mumpuni dianggap menjadi nilai plus untuk mencapai titik-titik yang sulit.

"Diharapkan dengan daya jelajahnya yang tinggi AMMDes pemadam kebakaran dapat berkontribusi apabila terjadi atau pencegahan Karhutla karena sizenya compact bisa mendekati titik api yang mana mobil besar tidak bisa masuk," lanjutnya.

AMMdes sudah memiliki beragam varian untuk memenuhi berbagai kebutuhan transportasi, produksi dan utilisasi pedesaan. Mobil ini menggunakan fitur Power Take Off untuk memungkinkan mesin mobil bisa menjadi penggerak berbagai alat yang ditambahkan.

Bicara kemampuannya yang digunakan di medan sulit, AMMDes juga sudah mengadaptasi differential lock. Pilihan bannya pun beragam, mulai dari mud tire, low-ground pressure tire, sampai ban spesial triangle crawler.



Simak Video "Gaharnya Mobil Desa Seusai Dimodifikasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com