Minggu, 18 Nov 2018 11:05 WIB

Keren! Begini Jadinya Kalau Mobil Desa Dimodifikasi

Luthfi Anshori - detikOto
Mobil Desa yang dimodifikasi Foto: Luthfi Anshori/detikOto Mobil Desa yang dimodifikasi Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]


Kiat Mahesa Wintor (KMW) jadi salah satu merek yang berpartisipasi di ajang pameran modifikasi Indonesia Modification Expo (IMX) 2018. Merek ini membawa turut serta dua kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) alias mobil desa.

Yang menarik, mobil AMMDes ini sudah dipermak oleh pihak dari National Modificator & Aftermarket Association (NMAA), sehingga ia juga bisa tampil keren seperti mobil-mobil modifikasi lainnya.



"Kami memodifikasi yang utamanya yang warna orange. Bagian depan diubah semua Lampunya sekarang pakai LED. Grille baru. Dan bemper kita kustom ulang supaya terlihat kokoh," kata Tomi Gunawan, selaku modifikator mobil AMMDes ini.

Selain itu, mobil ini juga mendapat aksen tambahan seperti lampu projector. "Dekat kaca ada 4 lampu itu ditujukan supaya pencahayaan lebih terang. Khususnya jika masuk ke area yang banyak pohon, kan agak gelap itu," terang pria yang juga pemilik bengkel Tomi Airbrush ini.

Dilihat dari bentuknya, AMMDes yang sudah dimodifikasi ini memang tampil lebih beda. Jadi lebih gagah dan berkesan meriah. "Kami banyak melakukan kustom. Posisi samping fender kiri kanan kita ubah. Kita tambah 10-20 sentimeter. Pada bak belakang itu kita kustom lagi menggunakan pelat, sehingga ini bentuknya jadi jauh lebih beda dari yang pertama," terang Tomi.



Yang menarik, mobil ini membawa sebuah motor di baknya. Jadi mirip seperti kendaraan towing. "Kita sudah coba tes menaikkan motor yang cukup berat dan tidak ada masalah. Modifikasi kesulitannya kurang lebih sama. Kalau ini baiknya mobil angkutan. Jadi kita perlu mengukur proporsionalnya mana yang harus lebih kami perhatikan. Pengerjaan sendiri sekitar 1 bulan lebih sedikit," ujarnya.

Sebagai informasi, AMMDes merupakan kendaraan angkut buatan Kiat Mahesa Wintor (KMW). Kendaraan ini menggunakan mesin diesel dengan output power 14 dk pada 2.400 rpm.



Mobil pikap ini punya bobot 800 kg dan punya daya angkut mencapai 700 kg. AMMDes bisa menunjang berbagai jenis pekerjaan, AMMDes bisa digunakan untuk membawa pompa air, pemutih beras, selep padi, dan genset.

AMMDes sendiri rencananya baru akan diproduksi tahun depan. "Mulai produksi tahun depan. Rencananya awal tahun," ungkap Dwi Hartono Wakil Presiden Direktur KMW.


(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed