Mengenal Cara Kerja Sistem Hybrid di Kijang Innova Zenix

ADVERTISEMENT

Mengenal Cara Kerja Sistem Hybrid di Kijang Innova Zenix

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 29 Nov 2022 15:50 WIB
Mesin Toyota Kijang Innova Zenix kok masih impor?
Cara kerja sistem hybrid pada Toyota Kijang Innova Zenix (Foto: Dok. Toyota-Astra Motor)
Jakarta -

Toyota baru saja meluncurkan mobil hybrid buatan Indonesia, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid. Mengusung teknologi hybrid, Toyota Kijang Innova Zenix ini lebih irit bahan bakar dan lebih ramah lingkungan.

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV diklaim mengoptimalkan kontrol produksi tenaga pada motor bakar dan motor listrik.

Innova Zenix Hybrid EV dibekali mesin TNGA 2.000 cc berkode M20A-FXS 1.987 cc empat silinder Dual VVT-i bertenaga 152 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm. Mesin bensin itu dikawinkan dengan motor listrik berdaya 113 PS dengan torsi maksimal 205,9 Nm. Hasilnya, kolaborasi mesin bensin dan motor listriknya bisa memuntahkan tenaga gabungan hingga 186 PS.

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV dibekali baterai hybrid Ni-MH yang dikemas dalam paket compact dan disimpan di bawah kedua jok depan tanpa mengurangi ruang di area kabin.

Mengutip unggahan Toyota Indonesia di sosial media, mesin bensin dan motor listrik pada sistem hybrid Toyota Kijang Innova Zenix ini saling melengkapi. Ini untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar atau tenaga yang dibutuhkan.

Pertama saat start, motor listrik bekerja ketika berkendara. Selanjutnya, ketika berkendara normal, mesin bensin dan motor listrik secara otomatis bekerja bergantian sesuai dengan kebutuhan pengendara. Mesin bensin dapat mengisi ulang baterai jika dibutuhkan.

Kemudian saat akselerasi, mesin bensin dan motor listrik bekerja sama secara otomatis ketika berakselerasi. Lalu saat pengereman, baterai secara otomatis akan terisi dengan regenerative braking.

[Gambas:Instagram]




Toyota Kijang Innova Zenix dilengkapi dengan transmisi CVT berkode K120. Transmisi ini mengombinasikan sabuk baja dan gigi transmisi yang dapat memperlebar jangkauan rasio transmisi. Mode Sequential Shiftmatic 10-speed diadopsi untuk memungkinkan perpindahan gigi seperti transmisi manual. Ada juga uphill/downhill shift control untuk melewati rute pegunungan. Khusus tipe Hybrid, ditambahkan mode berkendara EV selain Eco, Normal, dan Power.



Simak Video "Segini Biaya Servis Berkala Toyota Kijang Innova Zenix Hybri"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT