Toyota Klaim Konsumsi BBM Innova Hycross Tembus 21,1 Km/liter

ADVERTISEMENT

Toyota Klaim Konsumsi BBM Innova Hycross Tembus 21,1 Km/liter

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 28 Nov 2022 18:18 WIB
Toyota Innova HyCross
Toyota Innova Hycross (Foto: Dok. Toyota India)
Jakarta -

Toyota di India baru saja meluncurkan Innova Hycross. Mobil ini kurang lebih sama dengan Kijang Innova Zenix yang meluncur lebih dulu di Indonesia pekan lalu.

Secara spesifikasi pun sama. Toyota menawarkan Innova Hycross dengan pilihan mesin bensin 2.000 cc dan mesin bensin hybrid 2.000 cc.

Toyota menyebut, Innova Hycross ditenagai sistem listrik hybrid self-charging generasi kelima. Berbekal mesin bensin TNGA 2.0 liter empat silinder, mobil ini bisa menghasilkan tenaga gabungan hingga 186 PS. Toyota mengklaim mesin hybrid ini memberikan akselerasi cepat dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Di India, Toyota mengaku konsumsi bahan bakar Innova Hycross bisa mencapai lebih dari 20 km/liter. Disebutkan, angka konsumsi bahan bakarnya mencapai 21,1 km/liter. Hal itu berdasarkan pengujian sesuai aturan di India.

Sementara di Indonesia kurang lebih juga sama. Toyota mengatakan, konsumsi bahan bakar Kijang Innova Zenix lebih irit 50% dibanding generasi sebelumnya. Tak hanya BBM yang lebih irit, Toyota juga mengklaim bahwa Innova Zenix EV Hybrid memiliki emisi gas buang lebih rendah, dengan pengurangan emisi gas buang hingga 50%.

"Soal fuel consumption, jadi fuel consumption mobil diesel yang lama itu kira-kira 1 liter banding 14 km. Yang baru, bahkan yang bensinnya saja sudah 1 liter banding 15 km sekian. Apalagi yang hybrid 1 liter banding 21 km. Jadi dari sisi keiritan, baik bensin maupun hybrid lebih irit dibandingkan yang diesel," kata
Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy di Jakarta (21/11).

Toyota Innova HyCrossToyota Innova HyCross Foto: Dok. Toyota India

Fitur-fitur antara Toyota Kijang Innova Zenix dengan Toyota Innova Hycross juga mirip-mirip. Hanya, di India Toyota Innova Hycross mendapatkan 9 buah speaker JBL termasuk subwoofer, jok berventilasi yang bisa mengembuskan udara dingin di sandaran kursi sehingga menambah kenyamanan saat cuaca panas, tirai di jendela belakang, jok dengan pengaturan elektrik ditambah fungsi memori, serta multizone AC yang memungkinkan suhu diatur berbeda antara kabin depan dan belakang.

Toyota belum mengumumkan harga resmi Innova HyCross buat pasar India. Meski demikian, konsumen di sana sudah bisa melakukan pemsanan mobil sejuta umat tersebut.

Sementara di Indonesia, Toyota Kijang Innova Zenix dijual mulai dari Rp 419 juta sampai dengan Rp 614 juta.



Simak Video "Segini Biaya Servis Berkala Toyota Kijang Innova Zenix Hybri"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT