Merek Mobil Uni Soviet Dihidupkan Rusia Lagi, Begini Tampangnya Sekarang

ADVERTISEMENT

Merek Mobil Uni Soviet Dihidupkan Rusia Lagi, Begini Tampangnya Sekarang

Dina Rayanti - detikOto
Sabtu, 26 Nov 2022 17:20 WIB
Merek mobil di era Uni Soviet dihidupkan lagi
Moskvich 3, merek mobil di era Uni Soviet yang dihidupkan Rusia lagi. Foto: Kamaz
Jakarta -

Merek mobil di era Uni Soviet Moskvich kembali dihidupkan Rusia. Kini mobil itu diproduksi di pabrik yang dulunya dimiliki Renault. Pabrik Moscow Automobile Plant Moskvich yang dioperasikan oleh Kamaz itu diperkirakan bisa memproduksi 600 mobil hingga akhir tahun 2022, dimana 200 di antaranya merupakan mobil listrik.

Mobil Moskvich era baru bisa dibeli pada Desember. Soal desain, Kamaz dikabarkan akan menggandeng China dan dipastikan akan sangat berbeda dari merek Moskvich asli.

Kamaz dalam keterangan resminya menyebut pada tahun 2023-2024, Moskvich akan dirakit dengan sistem Semi-Completely Knock Down (SKD) guna meningkatkan kandungan lokal dalam mobil. Untuk model pertama diklaim Kamaz akan lebih modern, nyaman, dan dibangun dengan kualitas tinggi serta dibekali ragam fitur keamanan.

"Kamaz sudah berpengalaman dalam menghadapi manajemen antikrisis, sebagaimana melakukan perakitan kendaraan secara SKD untuk meningkatkan kandungan lokal," ungkap Direktur Jenderal Kamaz PJSC Sergey Kogogin dalam pernyataan resminya.

"Sebagai tambahan, berkat desain kelas atas dan sekolah mekanik yang terbentuk dalam beberapa tahun belakangan, dimana perusahaan termasuk salah satu pemimpin pengembangan dan produksi kendaraan komersial, listrik, sekaligus produk inovatif akan memberikan kontribusi terhadap kebangkitan Moskvich. Kami senang pengembangan yang dilakukan Kamaz bisa turut berperan dalam perkembangan industri otomotif Rusia, di tengah tren global kendaraan canggih dan ramah lingkungan," jelas Kamaz.

Sekadar kilas balik, rencana menghidupkan kembali merek mobil era Uni Soviet ini muncul dari Wali Kota Moscow Sergei Sobyanin. Pada Mei 2022, Sobynanin memutuskan untuk memulai kembali produksi di pabrik Moskvich. Pada Juli, Kamaz PJSC dan pemerintah Moskow menandatangani kerjasama dalam pengembangan kendaraan penumpang dan produksi mobil listrik domestik.

Rencananya, pengembangan ini akan berlangsung hingga delapan tahun ke depan dengan tiga langkah besar. Adapun memulai kembali kegiatan produksi dengan bantuan Kamaz termasuk dalam rencana tersebut sebagai langkah pertama. Kemudian kegiatan itu akan dilanjutkan dengan mempercepat rantai pasok, serta merakit SKD mobil Moskvich 3 serta mobil listrik.

Berlanjut di tahun 2024, bersamaan dengan proses SKD, tingkat kandungan lokal mobil akan ditingkatkan dengan suplai dari perusahaan lokal Rusia. Lalu di tahap ketiga, Moskvich akan meluncurkan mobil listrik Rusia dengan komponen lokal.



Simak Video "Penampakan Kawah Besar di Ukraina Akibat Roket Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT