Toyota Luncurkan Prius Generasi Terbaru, Apa Spesialnya?

ADVERTISEMENT

Toyota Luncurkan Prius Generasi Terbaru, Apa Spesialnya?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 16 Nov 2022 19:34 WIB
Toyota Prius Generasi Terbaru
Toyota Prius (Foto: Dok. Toyota)
Jakarta -

Toyota resmi memperkenalkan Prius generasi terbaru. Mobil ini akan dijual akhir tahun ini untuk versi Hybrid dan tahun 2023 untuk versi Plug-in Hybrid (PHEV).

Toyota menawarkan dua versi dari Toyota Prius, yakni model Series Parallel Hybrid (HEV) dan model Plug-in Hybrid (PHEV). Mobil hybrid ini hadir dengan beragam pembaruan.

Toyota Prius hadir dengan siluet monoform khas Prius sebelumnya. Toyota menyebut all new Prius memiliki proporsi yang lebih bergaya dengan pusat gravitasi rendah. Prius dibekali velg besar berukuran 19 inchi. Mobil ini menggunakan basis platform Toyota New Generation Architecture (TNGA) generasi kedua.

Desain bagian depan mirip hiu martil yang mencapai tingkat keseimbangan antara fungsionalitas dan gaya. Sedangkan desain belakang menawarkan kombinasi lampu belakang yang memanjang secara horizontal ke kiri dan kanan, yang semakin menonjolkan desain canggih Prius.

Beralih ke interiornya, Toyota Prius disebut menghadirkan kabin lapang dengan kokpit yang memudahkan untuk berkonsentrasi dalam berkendara. Secara keseluruhan, interiornya menawarkan pengoperasian yang intuitif dan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Toyota Prius Generasi TerbaruToyota Prius Generasi Terbaru Foto: Dok. Toyota

Interior Toyota Prius hadir dengan warna hitam yang menggambarkan kesan sporty dan canggih. Panel instrumen menggunakan sistem peringatan iluminasi. Selain memberikan cahaya ambient yang menyoroti interior, fitur baru Toyota Safety Sense ini dimasukkan ke dalam styling. Ini mengingatkan pengemudi untuk mendeteksi objek melalui lampu yang berkedip sebelum peringatan yang dapat didengar. Toyota melengkapi Prius terbaru dengan panoramic moonroof yang dapat dibuka penuh.

Soal tenaga penggeraknya, Toyota Prius menghadirkan versi PHEV dan HEV. Pertama, Prius terbaru ini menggendong mesin 2.000 cc dengan sistem PHEV. Kombinasi Dynamic Force Engine dengan efisiensi tinggi dan baterai lithium-ion mampu menyemburkan tenaga hingga 223 PS. Mobil ini bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 6,7 detik.

Toyota Prius Generasi TerbaruToyota Prius Generasi Terbaru Foto: Dok. Toyota

Prius PHEV bisa melaju dengan tenaga listrik murni yang jaraknya 50% lebih jauh daripada model sebelumnya. Paket baterai terletak di bawah kursi belakang, bukan di area kargo, sehingga memberikan pusat gravitasi yang lebih rendah dan peningkatan kapasitas kargo.

Kedua versi Series Parallel Hybrid. Untuk versi HEV ini, Prius menggunakan mesin 2.000 cc dan 1.800 cc. Sistem Series Parallel Hybrid pun diperbarui sehingga menawarkan akselerasi yang memuaskan dan pengendaraan yang responsif tapi tidak mengorbankan efisiensi bahan bakar. Tenaga maksimal untuk versi mesin 2.000 cc mencapai 193 PS, lebih tinggi dari model sebelumnya. Versi ini hadir dengan sistem penggerak E-Four.

Toyota juga menyematkan beragam teknologi canggih. Di Prius terbaru ini ada Advanced Park dengan fungsi remote. Sistem ini memungkinkan parkir otomatis yang mudah. Bahkan, pemiliknya bisa mengeluarkan mobil dari tempat parkir menggunakan aplikasi smartphone khusus yang bisa dioperasikan dari luar kendaraan. Mobil juga dapat masuk dan keluar dari tempat parkir dari jarak jauh.

Perangkat keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) tak ketinggalan. Prius terbaru dilengkapi dengan kamera monokuler di depan, kamera belakang untuk Digital Inner Mirror dan perekam di dalam kendaraan.

Toyota juga membekali Prius terbaru dengan dua stopkontak 100 VAC/1.500 W, satu di belakang konsol tengah dan satu di ruang kargo. Sebagai mobil PHEV, Prius ini bisa dicas menggunakan colokan BEV atau mengisi ulang baterai dari mesin jika sisa daya terlalu rendah.

Model PHEV dilengkapi dengan sistem pengisian tenaga surya generasi kedua yang menghasilkan konversi energi matahari menjadi listrik yang lebih efisien. Ini menghasilkan tenaga yang setara dengan berkendara hingga 1.250 km per tahun. Tenaga listrik yang dihasilkan saat mobil diparkir digunakan untuk mengisi baterai drive, sistemnya tidak hanya memasok listrik untuk berkendara, tetapi juga untuk AC dan fungsi lainnya. Sementara tenaga listrik yang dihasilkan selama berkendara digunakan untuk melengkapi sistem baterai tambahan.



Simak Video "Irit! Konsumsi Bensin Mobil Baru Toyota Ini Tembus 32,6 Km/Liter"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT